Bupati Dico Pastikan Oksigen Aman

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Oksigen sempat menjadi barang yang mahal dan sulit dicari, hal ini membuat Bupati Kendal Dico Ganinduto konsen untuk mengamati. Kepastian aman harus selalu didapat agar masyarakat tidak ketakutan.

Bupati Dico mengunjungi RSUD Dr H Soewondo untuk mengetahui apakah oksigen yang tersedia di rumah sakit milik pemerintah itu cukup. Dico melihat secara langsung tabung oksigen yang digunakan secara manual dan tabung besar yang digunakan sentral dan dihubungkan ke ruang perawatan.

“Tidak ada yang dikawatirkan terkait ketersediaan oksigen, saya sudah melihat secara langsung ketersediaan dan cara distribusi oksigen di RSUD Soewondo dan saya pastikan semua mengunakan cara yang sama, karena saya sudah berkoordinasi dengan runah sakit yang ada di Kendal,” ujar Dico, Senin (02/08/2021).

Saat ini di Kabupaten Kendal BOR sudah dapat bawah 50 persen dan kasus Covid-19 juga sudah mulai melandai, meski demikian pihaknya selalu memastikan aman. “Secara umum stok hanya untuk 3 hari maksimal, dan kami memastikan sebelum habis sudah tersedia kembali,”lanjutnya.

Plt Direktur RSUD Kendal dr Budi Mulyono Menjelaskan saat ini kebutuhan oksigen mengalami penurunan jika sebelumnya bisa 2.000 meter kubik perhari saat ini kebutuhan menurun menjadi 1500 meter kubik. “Ketersediaan oksigen mencukupi, kami ada berupa tabung yang tersedia di IGD dan berupa likuid yang digunakan untuk sentral oksigen, saat ini aman,” ujar Budi. (Ung)

BERITA REKOMENDASI