Bupati Kendal Minta Prioritaskan Penanganan Sampah Terbakar

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRJOGJA.com – Bupati Kendal Mirna Annisa melakukan pengecekan terhadap sampah di TPA Darupono, Kaliwungu Selatan yang terbakar, Kamis (27/9). Kondisi sampah yang terbakar menimbulkan asap yang mengganggu pengguna jalan.

 

Mirna melakukan pengecekan bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal Sugiyono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sri Purwati, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Ferinando Rad Bonay, dan sejumlah pejabat lainnya.

Mirna mengatakan, kondisi sampah terbakar bermula dari adanya pohon di lahan perhutani yang terbakar. Kondisi api yang membesar merember dan menyebabkan sampah terbakar.

"Asap ini sangat mengganggu dan perlu segera ditangani. Mungkin bisa ditimbun ke dalam tanah. Ini baru ada satu eksavator, bisa ditambah paling tidak lima eksavator untuk menimbun sampah. Bisa pinjam ke sejumlah pengusaha," kata dia.

Menurutnya, kondisi asap dari sampah yang terbakar bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan. Selain itu mengganggu jarak pandang pengguna jalan. "Kami segera lakukan penanganan agar tidak semakin lama, karena asap sudah muncul sejak awal 9 September," tuturnya.

Kepala DLH Kendal, Sri Purwati, menjelaskan, selain karena api yang disebabkan dari kekabaran pohon di lahan perhutani, banyak gas metan yang tertimbun di tumpukan sampah menyebabkan api terus muncul meski tidak besar.

Namun, kondisi asap cukup mengganggu pengguna jalan. "Kami terus berkoordinasi dengan petugas pemadam kebakaran untuk menyiramkan air ke tumpukan sampah supaya api bisa padam," Sri Purwati. (Ung)
 

 

BERITA REKOMENDASI