Bupati Kendal Musnahkan 10.219 E-KTP

KENDAL, KRJOGJA.com – Sebanyak 10.219 doumen KTP rusak dan invalid  untuk periode 2011 sampai 2013 di  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kendal dimusnahkan pada Rabu (19/12). KTP yang dimusnahkan terdiri dari KTP non elektronik sebanyak 1.435 buah dan KTP elektronik sebanyak 8.784 buah. 

Pemusnahan yang dilakukan di halaman kantor Disdukcapil Kendal dengan cara dibakar dan langsung dipimpin Bupati Kendal Mirna Annisa dengan disaksikan pejabat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, dan KPU Kendal dari Bawaslu Kendal.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kendal, Bambang Dwiono kepada sejumlag media mengatakan, pemusnahan ini merupakan instruksi dari Menteri Dalam Negeri RI. Tujuannya untuk mengamankan dan menghindari adanya penyalahgunaan dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Juga untuk menjaga stabilitas dalam rangka pelaksanaan Pemilu 2019. "Untuk menjaga suasana aman, damai, tertib, sekaligus menjaga data yang benar dan tidak ada pemalsuan," ujar Bambang.

Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, pemusnahan dokumen ini merupakan langkah awal yang baik dari Disdukcapil Kendal untuk menjaga hal-hal yang berbpotensi terhadap tindakan yang kurang baik. Dengan pemusnahan ini menunjukkan adanya komitmen untuk terlaksananya pemilu yang demokratis, aman dan damai. (Ung)

BERITA REKOMENDASI