Bupati Kendal Siap Tindak Segala Bentuk Pungli Perijinan

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRjogja.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) secara resmi di operasional kan oleh Menteri PAN/RB Tjahjo Kumolo Selasa (2/6). Pelayanan perijinan satu atap ini diharapkan bisa memangkas birokrasi dan juga menghilangkan potensi pungutan liar. Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan jika ada kendala atau apapun terkait perijinan atau mengurus apapun di MPP bisa melaporkan di 112 ataupun Dico Mendengar.

Dikatakan Dico, saat ini segala bentuk perijinan dilayani di MPP, sehingga untuk pelayanan di Kecamatan tidak ada lagi, namun itu akan dilaksanakan secara bertahap “Mal Pelayanan Publik ini melayani semua bentuk perijinan dan lebih praktis jadi masyarakat hanya datang ke satu tempat ini tidak ke yang lain,”ujar Dico.

Terkait dugaan Pungutan Liar belum lama ini terjadi di Kecamatan Cepiring, pihaknya akan bertindak tegas jika terbukti. Dikatakan Bupati Dico, melalui “Dico Mendengar” memang ada laporan terkait adanya pungli Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dilakukan oleh pihak staf Kecamatan. Dirinya sudah menegur Camat akan laporan tersebut dan diminta untuk menyelesaikan secata internal. “Saya perintahkan camat untuk menyelesaikan secara internal dan jika sapaii terjadi kembali maka saya akan turun langsung dan akan saya tindak tegas,”lanjutnya.

Sementara Camat Cepiring mengaku sudah ditegur Bupati Kendal terkait dugaan pungli yang dilakukan oleh anak buahnya. Bahkan dirinya sudah dituduh menerima uang pelicin sebesar Rp 200ribu.

Helyudin saat itu menegur kelima staf kecamatan yang ternyata menerima uang pungli dan langsung diminta mengembalikan. “Saya dutegur Bapak Bupati karena dituduh menerima aliran pungli bersama dengan staf saya, saya menegaskan tidak menerima dan saya sudah menegur staf dan meminta mengembakikan,”ujar Helyudin. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI