Bupati Pacitan Beri Kuliah Umum Maba Unimus

SEMARANG,KRJOGJA.com – Bupati Pacitan Jawa Timur Dr Drs H Indartato MM memberi kuliah umum di hadapan sekitar 2.600 an mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) di Gedung Serba Guna (GSG) kampus Kedungmundu, Senin (9/9/2019).

Acara yang dibuka Rektor Unimus Prof Dr H Masrukhi MPd dengan moderator Dekan Fakultas Ekonomi Unimus Dr Hardiwinoto SE MSi ini dirasa cukup menginspirasi mahasiswa baru. Mengingat narasumber merupakan bupati dua periode yang merintis karir mulai dari posisi paling bawah, sopir di kabupaten Pacitan.

"Saat sekolah suatu hari saya makan di warung hanya dengan lauk tempe dan kerupuk, melihat seorang sopir pesan makan lauk mewah saat itu yaitu daging ayam dan sejenisnya. Sehingga saya punya niat jadi sopir agar bisa makan enak. Tuhan mengabulkan, setelah lulus sekolah menengah saya menjadi sopir pribadi bupati, kemudian meningkat ke jabatan lain lebih tinggi sedikit demi sedikit serta kuliah S1, S2 dan sanpai S3. Berbagai jabatan di kabupaten pernah saya pegang dan sekarang diamanahi jadi bupati periode kedua” ujar Dr Indartato.

Menurutnya, untuk sukses seseorang harus “Mau” (syukur, iklas, sabar, tidak mengeluh, bermanfaat bagi pribadi keluarga dan lingkungan), “temen’ (jujur), dan “Pasrah” ke Tuhan yang mengatur semuanya atau “semende” (pada dosen, atasan, rektor dan lain-lain).

Dirinya juga memakai filosi “ikan” yaitu kalau kepala ikan busuk maka semua badan dan ekornya juga akan busuk. Kalau pimpinan tidak baik maka rakyatnya tentu juga tidak baik dan tidak boleh menyalahkan rakyat kalau suatu program berjalan tidak sebagai mana mestinya karena pimpinan pegang peran sangat besar. (sgi)

 

 

BERITA REKOMENDASI