Cegah Beredarnya Pil PCC, Polisi Kosek Sejumlah Apotek

GROBOGAN, KRJOGJA.com – Polres Grobogan mengosek sejumlah apotek di daerah itu untuk megawasi dan mencegah beredarnya pil paracetamol cafein carisoprodol (PCC).  Beberapa petugas yang dipimpin Kasat Narkoba AKP Abdu Fattah SH menyisir beberapa apotek dalam dan luar Kota Purwodadi.

“Kami telah memerintahkan semua Polsek untuk melakukan pengecekan apotek yang ada di wilayahnya. Tujuannya untuk mengawasi dan mencegah pil berbahaya tersebut,” ujar Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano SIK MSi MM, didampingi Kasat Narkoba AKP Abdul Fattah, Minggu (16/09/2017).

Menurutnya, pil PCC (Paracetamol Caffeine dan Carisoprodol) yang beberapa waktu lalu menyebabkan puluhan pengguna di Kendari Sulawesi Tenggara, adalah obat penenang bagi penderita sakit jantung untuk meredakan rasa nyeri.  Jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak seuai resep dokter, pil tersebut dapat menimbulkan efek halusinasi hingga gangguan syaraf otak.

“Agar tidak terjadi di Grobogan, kami mengecek dan mengawasi semua apotek. Kami juga menghimbau kepada orang tua mengawasi pergaulan anak-anaknya, agar tak terjerumus penggunaan pil PCC dan narkotika lainnya," pinta Kapolres.

Kasat Narkoba menambahkan, sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya peredaran obat keras yang sangat berbahaya itu. Meski begitu, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan memantau dan mengawasi semua apotek. Daam waktu dekat kami juga akan melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah,” tandasnya. (Tas)

BERITA REKOMENDASI