Cegah Putus Sekolah, Nusaputera Luncurkan Gerakan Kewirausahaan Urban Farming

Editor: Agus Sigit

Berbagai produk yang dihasilkan dengan bahan dasar bunga telang disajikan oleh peserta lomba, mulai dari puding, tumpeng, ice cream hingga biskuit. Dari hulu hingga hilir, begitu konsep kewirausahaan yg diusung Nusaputera. Mulai dari urban farming menanam bunga telang yang digawangi oleh jenjang TK dan SD kelas kecil, berlanjut membuat produk kreatif berbasis bunga telang mulai dari jenjang SD kelas besar hingga Perguruan Tinggi.

“Bantuan beberapa tanaman dari Dinas Pertanian, seperti cabe, terong, okra, kencur dan bunga cilosea, menjadi support kegiatan kewirausahaan Urban Farming di Sekolah Nusaputera” tambah Retno Palupi.

Selain merintis urban farming, dan mengelola produk berbasis bunga telang sebagai icon Kewirausahaan di Nusaputera, saat ini Nusaputera juga menjalin kerjasama dengan Prodi Sistem Informasi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang dalam membangun e-commerce Nusaputera, sebagai media untuk mempromosikan produk-produk yang dihasilkan oleh Nusaputera. Kaprodi Sistem Informasi Unika Soegijapranata Agus Cahyo ST MT mendukung penuh kerjasama dengan Nusaputera.

“Kerjasama ini melengkapi seluruh kegiatan KWU yang menjadi unggulan di Nusaputera. Diharapkan seiring dengan berjalannya waktu, kewirausahaan Nusaputera akan semakin berkembang, menjadi marketplace Nusaputera sebagai wahana dalam mengasah ketrampilan kewirausahaan para siswa. Sehingga cita-cita untuk mendorong anak bangsa jangan sampai putus sekolah dapat berhasil” tandas Retno Palupi. (sgi)

BERITA REKOMENDASI