Covid 19 Menguatirkan, PIC19 Diaktifkan Kembali

SALATIGA, KRJogja.com- Pusat Informasi Covid19 (PIC) Salatiga kembali diaktifkan setelah sejak Mei 2020 lalu dinonaktifkan. Launching PIC kedua dilakukan di Pendapa DPRD Salatiga, Senin (14/12/2020). Kasus positif virus korona di Salatiga hingga pertengahan Desember 2020 ini telah mencapai 1.000 kasus dan mengkhawatirkan.

Walikota Salatiga, Yuliyanto mengungkapkan langkah bersama dalam mencegah penularan virus harus dipertegas dengan koordinasi bersama antara pemerintah daerah dengan satgas di bawah termasuk di RW dan RT.

“Kasus positif covid 19 di Salatiga meningkat pesat dan harus dilakukan langkah-langkah tegas, antara lain mengaktifkan kembali pusat informasi covid19 agar komunikasi informasi dari masyarakat dan kepada masyarakat tidak putus. Khususnya mengenai perkembangan covid19. Informasi terakhir yang saya terima dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) mencapai kumulatif 1.000 kasus positif,” tandas Walikota Yuliyanto.

Mengenai sanksi untuk protokol kesehatan (Prokes) Covid19, walikota menegaskan bahwa bentuk sanksi bisa saja ditambah, tetapi tidak boleh diskriminasi dan memberatkan masyarakat. “Misalnya menyapu jalan bisa saja ditambah durasinya bagi pelanggar protokol kesehatan. Tetapi semuanya biar diatur oleh Satpol PP saja. Yang jelas sudah kami keluarkan Perwali 17 Tahun 2020. Yang pasti masyarakat harus lebih taat prokes covid,” katanya.

BERITA REKOMENDASI