Dandim Ingatkan Kesetiaan Kepada NKRI

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG (KRJogja.com) – Komandan Kodim 0733 BS Semarang Kolonel Inf Zainul Bahar mengingatkan kepada seluruh aparatur pemerintahan (Apem) untuk meneguhkan hati atas kesetiaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pasalnya ancaman disintegrasi bangsa sekarang ini sudah mengancam dan berada di depan mata. 

"Hilangnya rasa cinta tanah air, telah memudarkan komitmen kebangsaan menjungjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Akibatnya banyak diantara kita yang kurang peduli akan nasib bangsa, sehingga mudah dipecah belah dan bahkan memusuhi bangsa dan negara sendiri", ungkap Dandim 0733 BS Semarang Kol Inf Zainul Bahar saat menggelat acara Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Aparatur pemerintahan (Apem) di Kota Semarang, Selasa (9/5/2017) di Makodim 0733 BS Semarang.

Komsos dengan 'Apem' ini dihadiri Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi SSos para Camat se-Kota Semarang serta perwakilan dari Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD). Adapun Walikota Semarang Hendrar Prihadi berhalangan hadir dan diwakili Asisten I Sekda Kota Semarang.  

Pertemuan dengan aparatur pemerintah Kota Semarang ini juga membahas semua persoalan yang sedang mencuat di Kota Semarang, yakni berkembangnya faham radikalisme dan ideologi bertentangan dengan Pancasila yang ditandai dengan merebak dan berkembangnya organisasi massa.

Oleh karena itu Dandim meminta kepada masyarakat untuk percaya kepada upaya negara dalam menangani mereka. "Mereka ini adalah saudara-saudara kita juga. Kalaupun mereka punya niat atau kehendak yang bertentangan dengan komitmen ideologi kita yang berdasarkan Pancasila, maka percayakan kepada Pemerintah untuk menanganinya. Mari kita rangkul mereka dan ajak kembali ke jalan yang benar dengan menempuh jalan damai dan kekeluargaan", ungkap Kolonel Inf Zainul Bahar.

Kodim 0733 BS Semarang mendata ada 29 ormas yang terdaftar di Kesbanglinmas Kota Semarang. Meski jumlahnya cukup banyak, Dandim menghimbau agar tetap menjaga keguyuban warga Kota Semarang dan jangan sampai menimbulkan kegaduhan. 

Sementara Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi SSos mengapresiasi langkah TNI AD, dalam hal ini Kodim 0733 BS Semarang yang secara rutin dan tak ada henti-hentinya menggelar kegiatan Komunikasi Sosial dengan mengajak sharing kepada seluruh komponen masyarakat, termasuk diantaranya Forkompinda dan OPD. "Forum-forum seperti ini perlu terus diselenggarakan untuk memahami dan mengambil langkah cepat dalam menyikapi suatu isu dan perkembangannya yang berpotensi mengundang kerawanan. Saya mengapresiasi aparat keamanan yang telah bertindak cepat dalam menyikapi penolakan berdirinya ormas yang selama ini dikhawatirkan akan mengusung pola radikalisme. Sehingga kini masyarakat Kota Semarang kembali merasakan nyaman. Harapan kami Semarang ini menjadi kota aman yang tidak ada aktifitas sweeping oleh kelompok-kelompok tertentu saat umat muslim menjalankan ibadah puasa nanti", ungkap Supriyono SSos. (Cha) 

 

BERITA REKOMENDASI