Dandim Ingatkan Netralitas Jajarannya

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG, KRJogja.com – Komandan Kodim 0733 BS Semarang, Kolonel Inf M Taufiq Zega menegaskan dan mengingatkan kepada seluruh jajarannya agar menjaga netralitas dalam Pesta Demokrasi Pemilukada yang akan berlangsung pertengahan tahun ini. 

"Saya perlu mengingatkan sekali lagi bahwa netralitas TNI dalam Pemilu harus kita jaga. Agar demokrasi berjalan tertib dan lancar. TNI selalu mengambil sikap untuk netral dan tidak akan terjebak dalam kegiatan politik praktis dan politik partisan, maka demikian juga sikap yang akan ditunjukkan oleh prajurit pada setiap penyelenggaraan Pemilu atau Pemilukada, sikap netral dan tidak memihak akan dilaksanakan secara konsisten dan bertanggungjawab oleh setiap prajurit Kodim 0733 BS Semarang", tegas Kolonel Inf M Taufiq Zega pada acara Silaturahmi Komunikasi Sosial Kodim 0733 BS Semarang dengan Keluarga Besar TNI (KBT) antara lain para purnawirawan dan putra-putri serta keluarga TNI di Semarang, termasuk yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan FKPPI dan Pemuda Panca Marga, Rabu (14/3/2018) di Aula Sudirman makodim Semarang.

Lebih lanjut Dandim berpesan, meski keluarga TNI bebas memilih namun tetap perlu menjaga suasana kondusif. Secara personal, keluarga TNI memang memiliki hak pilih dalam pesta demokrasi. Oleh karena itu untuk mensukseskan demokrasi, setiap warga negara semestinya dapat menggunakan hak pilihnya sesuai keinginan dan keyakinan masing-masing tanpa ada tekanan dan ajakan untuk berpihak.

Tujuan menggunakan hak pilih semata-mata untuk menyukseskan jalannya demokrasi di negeri ini demi kokohnya NKRI. Sedangkan sikap netral anggota TNI juga perlu dijaga karena sebagai kekuatan negara yang tidak berpolitik praktis.

Di hadapan para undangan silaturahmi, Dandim memaparkan bahwa kondisi bangsa ini dalam potensi terancam disintegrasi. Asupan-asupan perpecahan sedang berkecamuk dan mempengaruhi satu sama lain masyarakat. Masyarakat sedang dikondisikan untuk terpecah-pecah, terutama dalam situasi perpolitikan dan berkeyakinan. Oleh karena itu, Zega berharap KBT mampu menyikapi hal ini dengan bijak melalui cara-cara yang tepat menyatukan seluruh komponen bangsa dalam bingkai Pancasila dan mengandung sesanti Bhinneka Tunggal Ika.

"Saya yakin keluarga besar TNI mampu mengemban misi mempersatukan bangsa. Hal ini didasarkan pada doktrin TNI yang saya kira juga merasuk ke hati keluarga TNI", ungkap Dandim 0733 BS Semarang.

Keluarga Besar TNI juga diminta agar tidak ikut membuat dan menyebar berita HOAX yang bepotensi memecah belah dan menulut rasa kebencian satu sama lain. Dandim minta agar KBT justru bisa meredam agar HOAX tidak menyebar. "Berikan informasi-informasi yang menyejukkan dan menyatukan masyarakat. Bahkan kita harus selalu mengingatkan kembali ke masyarakat akan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang harus tetap kita pertahankan dan laksanakan", ujar Kolonel Inf M Taufiq Zega. (Cha) 

BERITA REKOMENDASI