Dandim Siap Pecat Anggota Pengguna Narkoba

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG KRjogja.com – Komandan Kodim 0733 BS Semarang, Letkol Inf M Taufiq Zega akan bertindak tegas dengan mengusulkan surat pemecatan kepada Panglima Kodam IV Diponegoro, terhadap prajuritnya yang kedapatan meyalahgunakan narkoba. Hal ini ditegaskan pada saat menerima Tim BNNP Jawa Tengah yang hendak melakukan sosialisasi pemberantasan narkotika dan pelaksanaan tes urin terhadap para prajuritnya, Senin (18/9/2017) di Makodim 0733 BS Semarang.

Ada 50 prajurit Kodim 0733 BS Semarang, termasuk Babinsa, Provoost dan Perwira yang ikut dites urinenya. Setelah mendapatkan materi sosialisasi bahaya narkoba dan pengetahuan jenis-jenis narkoba serta dampak yang diakibatkan, mereka langsung diberi botol plastik tempat urine. Satu per satu diminta sample urinnya dan langsung diperiksa.

Letkol Inf M Taufiq Zega mengatakan pemeriksaan urine terhadap prajuritnya dilakukan secara periodik 3 bulan sekali dengan waktu pelaksanaan yang mendadak. Sample urine langsung dibawa Tim BNNP untuk dilakukan pemeriksaan apakah ada indikasi penggunaan narkotika. "Alhamdulillah selama pemeriksaan tidak ada ditemukan prajurit yang terindikasi menggunakan narkotika. Dari tidak ada temuan tersebut, maka kami berkesimpulan kesadaran prajurit semakin membaik untuk taat terhadap peraturan maupun perintah atasan", ujar Dandim.

Menurutnya, sanksi pelanggaran terhadap narkotika bagi prajurit TNI cukup berat. Selain penjara juga harus dipecat dengan tidak hormat. Oleh karena itu, prajurit mesti berhitung untung ruginya. "Jadi jangan sekali-kali main-main dengan narkoba. Sebab sanksinya sangat berat", tegasnya.

Koordinator Tim Sosialisasi dan Pencegahaan Bidang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) BNNP Jawa Tengah, Ginung Yudianto SH MH mengatakan bahwa kegiatan yang di gelar di Makodim Semarang merupakan kerjasama antar BNNP jateng dengan Kodim 0733 BS Semarang. Kegiatan rutin 3 bulan sekali ini untuk memberikan fungsi pengawasan, pencegahan dan membantu Komandan Satuan dalam memantau ada tidaknya penyalahgunaan narkotika di lingkungannya.

Ginung mengatakan bahwa hasil dari pemeriksaan urine akan langsung dilaporkan komandan satuan, dalam hal ini Dandim 0733 BS Semarang. Untuk mendapatkan hasil pemeriksaan pihaknya membutuhkan waktu beberapa jam demi ketelitian mengetahui kandungan apa saja yang ada di urine. Selama menggelar tes urine di wilayah Kodim 0733 BS Semarang, pihaknya belum menemukan urine yang tercemari narkoba. (Cha)

TNI

BERITA REKOMENDASI