Danramil Gajahmungkur Patroli Pohon Rimbun

SEMARANG KRJOGJA.com – Wilayah Koramil Gajahmungkur Semarang dinilai sebagai kawasan yang banyak ditempati perumahan elit dan bahkan jadi hunian para pejabat penting, termasuk Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo. 

Topografinya yang terdapat perbukitan, juga cukup teduh karena banyak pohon perindang. Kondisi banyaknya pohon besar inilah yg menjadilan kendal potensi kerawanan pohon tumbang saat terjadi musim.angin kencang dan penghujan.

Danramil Gajahhmungkur, Kapten Inf Ikhwan, Jumat (1/12/2017) mengatakan wilayahnya kerap terjadi kasus pohon tumbang. "Alhamdulillah kejadian tahun ini tidak ada korban jiwa. Kalau tahun lalu terdapat satu orang meninggal dunia. Kerugian kali ini hanya material", ungkap Kapten Inf Ikhwan.

Babinsa di seluruh wilayah Koramil Gajahmungkur sudah menginventarisir pohon-pohon besar yang rawan tumbang karena faktor kerapuhan kayu dan akar, serta terlalu rimbunnya ranting dan daun.

Rerimbunan pohon yang mengganggu jaringan kabel listrik dan telpon juga  masuk dalam catatan kerawanan yang harus disikapi. "Kami juga mengantisipasi supaya jangan ada kabel yang menyentuh pohon dan dapat menjadi penghantar listrik. Kalau ada akan membahayalan masyarakat nanti", ucap Ikhwan.

Langkah yang ditempuh Koramil Gajahmungkur menggandeng Dinas Pertamanan Kota Semarang untuk melakukan pemangkasan dan berkoordinasi dengan PLN Area Semarang serta PT Telkom selaku pemilik jaringan telepon kabel. (Cha)

BERITA REKOMENDASI