Dapat Hibah Student Centered Learning, FMIPA Unimus Dimonev Tim Dikti

SEMARANG,KRJOGJA.com- Tim monitoring dan evaluasi (monev) Dikti yang dipimpin Dr rer nat Asep Supriatna MSi (dosen UPI Bandung) melakukan monev di Fakultas MIPA Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) di kampus terpadu Kawasan Kedungmundu, Senin (9/10/19).

Dekan FMIPA Unimus Dr Eny Winaryati MPd menyatakan kedatangan tim monev terkait hibah SCL (student centered learning) atau pembelajaran berbasis pada mahasiswa yang diterima FMIPA di tahun pelaksanaan 2019 ini. Tujuan monev tidak hanya menilai tetapi juga pembinaan serta masukan demi perbaikan proses pembelajaran ke depannya.

“Hibah SCL yang dari dikti disyaratkan untuk 4 dosen, kami bahkan bisa melibatkan 8 dosen serta para mahasiswa tiga prodi di FMIPA yaitu S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Matematika dan S1 Statistika. Dalam hibah ini kami melaksanakan FGD, workshop pembelajaran, workshop e-learning, workshop analisis perencanaan pembelajaran yang semuanya diimplementasikan lewat 3 prodi. Luaran hibah kami cukup banyak di antaranya 4 HKI, 4 artikel ilmiah, beberapa poster dan  belasan video pembelajaran, serta produk dari proses pembelajaran” ujar Dr Eny.

Lebih lanjut menurutnya, tim hibah FMIPA Unimus juga sudah ke Padang mengikuti  kegiatan pertemuan Lesson Study tingkat internasional serta mengikuti seminar nasional MIPA. Secara umum tujuan kegiatan hibah SCL ini bagaimana dosen memiliki kemampuan lebih untuk peningkatan pembelajaran sehingga berdampak pada outcome atau keluaran berupa mahasiswa yang berkualitas.

Pembelajarannya, ujar Dr Eny, juga menyesuaikan era revolusi inudtsru 4,0 dengan memanfaatkan teknologi informasi guna mencapai 4 karakter kecil pembelajaran abad 21 meliputi “critical thinking dan problem solving”, keativitas dan inovasi, , kolaborai, serta komunikasi. (sgi)
 

BERITA REKOMENDASI