Desa Tambaksari Bangun Saluran Pengairan Tambak

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRJOGJA.com – Desa Tambaksari Kecamatan Rowosari membangun pengairan tambak di dusun gedangsambung tambakroto dengan sistem padat karya tunai. Padat Karya Tunai merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

Kepala desa Tambaksari Untung Mujiono kepada KRjogja.com Senin (31/12) mengatakan ada 80 warga ynag terlibat dalam pembangunan pengairan tambak tersebut. "Tujuan kmai selain mensukseskan programpemerintah juga mengangkat warga dari garis kemiskinan agar bisa mendapatkan pendapatan dengan memanfaatkan proyek desa dengan menggunakan dana desa,"ujar Untung.

Dana desa yang dikucurkan untuk memberikan upah kepada para pekerja sebesar Rp. 137 juta, proyek sendiri sudah selesai dan oleh Desa diberikan upahnya Senin ini di Balaidesa Tambaksari. Dengan syukuran bersama warga upah Padat Karya Tnai diberikan langsung oleh Kepaa desa kepada 80 warga yang ikut terlibat.

Adi salah seorang oekerja mengaku senang bisa terlibat dalam proyek desa tersebut. Dirinya bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari bekerja untuk proyek pengairan tambakt ersebut. "Saya berterima kasih kepada desa karena sudah memberikan kesempatan saya bekerja,"Ujar Ali. kedepan Ali berharap bisa selalu dipekerjakan pada proyek desa khususnya yang melibatkan banyak orang. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI