Di Kendal, Masih Ada 40 Ribu Keluarga Tak Punya Jamban

KENDAL, KRJOGJA.com – Sebanyak 40 Ribu Keluarga di Kabupaten Kendal tidak memiliki Jamban, sehingga jika ingin BAB maka mereka memanfaatkan sungai sebagai tempat Buang Air Besar. 

Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, dr. Sri Mulyani, Sp.A.,M.Kes  usai upacara pengingatan peringatan Hari Kesehatan Nasional HKN ke-53 Senin (13/11/2017) menjelaskan saat ini sudah ada pengurangan hingga 20 ribu Keluarga dari total Keluarga yang tidak memiliki jamban hingga 60 ribu Keluarga. 

Bebas BAB, kata Sri Mulyani atau dikenal dengan Open Defecation Free(ODF) untuk tahun 2017 ada 35 Desa. Sementara tahun sebelumnya sebanyak 40 Desa. Sampai dengan 2017 ini sudah ada sebanyak 76 (%) desa/kelurahan, 3 (10%) Puskesmas dan 2 (10%( Kecamatan yang sudah ODF. 

"Kami akan terus menerus memberikan kesadaran kepada masyarakat akan bahayanya BAB sembarangan. Untuk tahun ini ada 2 Kecamatan yang ada 35 desa terbebas dari kebiasaan BAB sembarangan,"ujar Sri Mulyani.

Terkait peringatan HKN, Sri Mulyani mengaku telah mngadakan bergabai kegiatan diantaranya bhakti Sosial berupa operasi Katarak dan Pemeriksaan IVA dan SADANIS secara gratis, jalan sehat, lomba tUmpeng jajaran kesehatan, pemilihan Petugas Kesehatan dan penggian Kesehatan terbaik. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI