Dibagikan ke 44 Desa, Dana Pilkades Rp 25 Juta

SEMARANG, KRJogja.com – Sebanyak 44 desa di Kabupaten Semarang menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 27 Oktober 2019. Setiap desa ‘dijatah’ biaya pelaksanaan Pilkades Rp 25 juta dari APBD 2019 Kabupaten Semarang.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang, Aris Setyawan kepada KRJogja.com menjelaskan, proses tahapan pelaksanaan Pilkades serentak 2019 Kabupaten Semarang dimulai tahapannya 15 Juli lalu. Saat ini, sudah memasuki tahapan pencalonan. 

Menurutnya, saat ini sudah memasuki tahapan  pencalonan oleh panitia pilkades di desa dan dilakukan penelitian kelengkapan administrasi bakal calon. Jumlah bakal calon kades tiap desa minimal dua orang dan maksimal lima orang.

“Laporan pendaftaran bakal calon kades di 44 desa secara keseluruhan sudah mendapatkan bakal calon kades minimal dua dan maksimal lima. Sehingga tidak perlu ada seleksi tambahan bagi bakal calon lebih dari lima orang,” jelas Aris Setyawan kepada KRJogja.com, Selasa (24/09/2019).

Ditanya mengenai pembiayaan pilkades ini, Aris mengungkapkan biaya sebagian dari APBD Kabupaten Semarang, Rp 25 juta tiap desa. Selain itu untuk sumber pendanaan lainnya bisa dari APBDes, ADD, BHPDRD, dan PA Desa. (Sus)

BERITA REKOMENDASI