Dibantu Perusahaan Beton, Longsor Jalan Surokonto Kulon Ditangani

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRJOGJA.com – Kepedulian sebuah perusahaan beton yang biasanya melayani pengecoran jalan di Kabupaten Kendal membuat longsor di Desa Surokonto Kulon Kecamatan Pageruyung yang jalan betonnya menggantung langsung ditangani. Bagian yang longsor dilakukan pengecoran hingga sedalam 5 meter agar posisi tebing kuat. Panjang sesuai dengan yang longsor sekita 20 meter dengan ketebalan cor 1 meter. 

Sugeng warga setempat mengaku heran dengan cepatnya penanganan longsor, pasalnya longsor terjadi selasa lalu dan hari Kamis langsung ditangani. Pekerjaan dilakukan secara maraton siang dan malam. "Selang sehari setelah longsor ada beberapa orang yang melakukan pengukuran dan hari berikutnya dimulai pekerjaan," ujar Sugeng.

Sementara itu Gatot Direktur PT Selomukti Jumat (17/1), mengaku tergugah dengan memberikan bantuan perbaikan karena jalan tersebut cukup vital dan melihat bahayanya jika tidak langsung diperbaiki. Pihaknya meminta bantuan perusahaan tambang terdekat untuk ikut berpartisipasi karena jalan tersebut biasa dilalui. "Ini merupakan inisiatif kami membantu pemerintah Kabupaten Kendal, karena ini bencana maka kami merasa ikut bertanggungjawab membantunya,"ujar Gatot.

Kepala DPUPR Sugiono mengatakan terima kasih atas bantuan dan kepedulian PT Selomukti, meski demikian pihaknya akan ikut mengawasi dan menyempurnakan jika ada kekurangan. "Kami ditahun ini ada dana perbaikan talud jalan sepanjang jalan Weleri sampai Pageruyung dan jika ada titik-titik bencana atau longsong kami gunakan dana tersebut,"ujar Sugiono. mengingat posisi jalan ada tebing dan ada jurang sehingga rawan longsong, untuk itu DPR PR menganggarkan. 

Bupati Kendal Mirna Annisa sangat konsen dalam penangan bencana, siapa saja pihak yang akan membantu pemerintah Kabupaten akan diterima dengan senang hati. "Kepedulian pengusaha terkait bencana kami apresiasi, salah satunya peeusahaan beton yang mau mambantu perbaikan tebing longsor di Desa Surokonto Kulon, itul inisiatif mereka dan kami terima dengan tangan,"ujar Mirna.

Pihaknya berharap semakin banyak yang peduli dengan Kabupaten Kendal, terutama yang selama ini sudah bekerja sama mengerjakan kegiatan setiap tahunnya. (Ung)

BERITA REKOMENDASI