Dico Fasilitasi 5.000 Tempat Ibadah Mendapatkan IMB Gratis

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) ternyata belum dimiliki oleh sebagian besar rumah ibadah di Kabupaten Kendal. Dari total 5000 tempat ibadah tercatat baru sebagian kecil dan hal ini membuat potensi menimbulkan masalah.

Atas dasar itulah Bupati Kendal Dico M Ganinduto bakal membantu membebaskan biaya untuk IMB. Kini yang sebelum hanya sebagian kecil tempat ibadah yang sudah mengantongi IMB, sekarang sudah ada 1.000 tempat ibadah yang memiliki IMB dan jumlah ini terus bertambah.

“Sebagian besar tempat ibadah di Kabupaten Kendal belum memiliki IMB. Pemerintah Kabupaten Kendal mencoba memberikan fasilitas gratis pemutihan IMB. Ini merupakan. Bentuk usaha kami dalam meningkatkan kualitas tempat-tempat ibadah di Kabupaten Kendal,” ujar Dico di Kendal, Kamis (06/05/2021).

Tujuan dari pemberian IMB untuk rumah ibadah adalah sebagai upaya untuk mengamankan aset, pasalnya salah satu persyaratan untuk memperoleh bantuan adalah dengan memiliki IMB. Dico berjanji tahun 2021 ini semua tempat ibadah sudah ber IMB, kemudahan persyaratan akan diberikan hingga 5.000 tempat ibadah mengantongi IMB.

“Saya targetkan pada akhir tahun ini seluruh tempat ibadah yang berjumlah hampir 5.000 sudah memiliki IMB, gratis tanpa dipungut biaya,” lanjutnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Anang Widiasmoro menjelaskan keberadaan pemerintah memiliki kewajiban untuk membina tertib administrasi termasuk IMB tempat ibadah.Di Kendal ada sekitar 4.000 musala dan 900 masjid yang perlu ditertibkan administrasinya. Termasuk beberapa gereja yang tersebar di Kendal bagian atas dan bagian bawah.

“Saat ini baru 5-10 persennya saja yang sudah memiliki IMB dari masjid dan musala. Kami mencoba untuk mendorong agar mengajukan kelengkapan sarat agar segera ber IMB,” ujar Anang.

Untuk mempercepat pengurusan, pihaknya meminta pengurus tempat ibadah bisa segera mengajukan persetujuan gambar tempat ibadah ke DPUPR Kabupaten Kendal terlebih dahulu agar bisa ditindaklanjuti. “Saat ini yang sudah proses IMB ada 970 berkas, 309 sedang proses dan sudah selesai sebanyak 301 berkas,” lanjutnya. (Ung)

BERITA REKOMENDASI