Diduga Pipa PDAM Bocor, Jalan di Truko Ambles

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRJOGJA.com – Intensitas hujan yang sudah mulai menurun justru terjadi jalan amblas di Desa Truko Kecamatan Kangkung. Warga RT 01 RW 03 dan RT 01 RW 1 dikagetkan dengan amblesnya jalan di wilayahnya. Banyak warga yang heran kenapa justru saat hujan sudah mulai reda malah tanah yang juga tanggul Sungai Blukar tersebut tergerus air dan teejadi amblas 1,5 meter.

Nur Mukton Kepala Desa Truko Kecamatan Kangkung menduga jika tanah yang ambles karena ada pipa PDAM yang pecah sehingga menggerus tanah. “Saya menduga amblesnya tanah karena pipa PDAM pecah sehingga air terus mengalir deras sehingga lama-lama longsor dan ambles,”ujar Nur Kamis (11/2)

Menurutnya pipa yang bocor adalah pipa utama sehingga arusnya deras terutama saat malam hari, saat penggunan air minimal.

Lokasi ambles terakhir terjadi tahun 2007 dan sudah di bronjong karena longsor. Setelah itu tidak pernah longsor atau banjir. “Panjang jalan yang ambles 100 meter, dan ini praktis tidak bisa digunakan, saat ini kami sedang meminta kepada PDAM dan juga PSDA untuk menangani tanah yang ambles ini,”lanjutnya.

Yusro Kepala Dusun Krajan Desa Truko Kecamatan Kangkung, juga mengatakan hal yang sama. Kuat dugaan air PDAM yang bocor deras dan menggerus bagian bawah jalan beton yang lokasinya dibantaran sungai. ” Tanah amblas terjadi Kamis dinihari, tidak ada suara gemuruh namun oagi-pagi sudah ambles seperti ini,”ujar Yusro. Menurutnya ambles terjadi pada empat hari terakhir namun paling parah Kamsi pagi.

Adi Prasetyawan yang rumahnya berada paling dekat dengan jalan mengatakan jika sebelum ambles tidak ada keretakan. “Kalau penyebab amblesnya saya tidak tau, hanya terlihat beberapa hari petugas PDAM ada disekitar rumah, kalau tanda-tanda akan ambles tidak ada,”ujar Adi.

BERITA REKOMENDASI