Dinas Pertanian Dan Pangan Cek Kesehatan Hewan Kurban

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRJOGJA.com – Agar hewan baik sapi maupun kambing yang dibeli masyarakat dipastikan sehat dan layak untuk kurban, Dinas Pertanian dan pangan melakukan sidak cek kesahatan ke beberapa pedagang hewan kurban. Sidak cek kesehatan ini sudah dilaukan sejak tiga pekan sebelum hari raya Idul Adha. Selain menginspeksi Dinas Pertanian dan Pangan Kendal juga memberikan vaksin dan obat kepada hewan kurban yang sakit agar pada saat hari raya Idul Adha sudah kembali sehat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal Selasa (6/8), Tjipto Wahjono mengatakan dalam sidak selain mengecek kesehatan hewan kurban, namun juga untuk mengecek persyaratan hewan yang dikurbankan yakni diantaranya sudah berumur cukup yakni satu minimal satu tahun untuk kambing dan dua tahun untuk sapi, kondisi hewan sehat dan tidak cacat, serta dianjurkan untuk menyembelih hewan berjenis kelamin jantan.

"Kami menemukan ada dua ekor kambing yang mengalami sakit mata dan beberapa kambing yang sakit diare mungkin akibat dari proses perjalanan perpindahan, sudah kami beri obat dan bisa sembuh sebelum lebaran kurban," ujar Tjipto.

Tjipto menambahkan bahwa peternak maupun pedagang yang hewanya sudah diperiksa dan kondidinya sehat dan layak untuk kurban dan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan maka akan diberikan surat keterangan.

"Pembeli yang hendak membeli bisa menanyakan apakah sudah periksai oleh dinas apa belum kepada penjual. Nantinya yang sudah dapat menunjukkan surat keterangan layak kurban," lanjutnya..

Menurutnya inspeksi kesehatan ini akan dilakukan hingga H-1 Idul Adha. Namun akan pengecekan hewan kurban dilanjutkan lagi pada saat pemotongan hewan kurban di beberapa tempat pemotongan hewan kurban.

"Pada saat ini kami mengecek kesehatan hewan kurban. Sedangkan pada saat pemotongan hewan kami akan melakukan pengecekan cacing pita di hari hewan kurban. Agar tid

Sementara itu seorang pedagang hewan kurban di Jalan Sekopek Kaliwungu, Nazaruddin mengatakan dengan dapatnya surat keterangan hewan layak kurban dari Dinas Pertanian dan Pangan membuat para pembeli semakin yakin untuk membeli hewan kurban di tempatnya. "Sewaktu pengecekani ada yang sakit. Langsung diberikan obat oleh dinas. Jadin dapat sembuh sebelum disembelih di hari raya bahkan diberikan cadangan obat juga" ujar Nazarudin.

Jenis kambing yang ia jual pun beragam yakni mulai dari kambing Jawarandu yang paling banyak laku hingga kambing etawa yanh terkenal. Selain kambing dirinya juga menjual sapi untuk kurban juga. "Harganya mulai dari 2,5 juta hingga 7jutaan untuk kambing. Tergantung jenis dan ukuran," lanjutnya.

Nurimas pembeli yang ditemui KR mengatakan bahwa setiap tahun dirinya selalu membeli kambing dari tempat Nazaruddin. Namun selama ini pihaknya tidak menanyakan adanya pengecekan kesehatan kepada tempat langganannya. "Tadi pas beli ada pengecekan Kesehatan. Hal itu sangat terbantu karena jadi tahu tempat saya beli ternyata menjual kambing yang sehat," ujar Nurimas. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI