Dinas PUPR Kendal Ciptakan IPAL Komunal Metode Baru “Sehat Meni Ra”

Editor: Agus Sigit

KENDAL, KRjogja.com – Dinas PUPR kabupaten kendal merupakan instansi yang bertugas dalam pembinaan teknis penyediaan system air limbah domenstik. Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan adalah pembangunan prasarana dan sarana sanitasi baik berupa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal maupun tanki septik komunal.

Pada tahun 2021 ini Dinas PUPR Kabupaten Kendal melaksanakan kegiatan pembangunan prasarana dan sarana sanitasi melalui program Dana Alokasi Khusus (DAK) sanitasi berupa pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal pada 8 lokasi desa penerima manfaat.

Melalui Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Kendal melaksanakan pembangunan IPAL komunal dengan metode baru yaitu “Sehat Meni Ra” Kepala Bidang Ciotay Karya Nurhasyim mengatakan metode ini merupakan inovasi untuk pengelolaan IPAL komunal yang dipadukan dengan potensi desa setempat. “Multi manfaat selain manfaat utamanya sebagai akses sanitasi layak juga mendukung kelestarian lingkungan, indah secara estetika dan mempunyai nilai tambah ekonomis,”ujar Nurhasyim.

“Sehat Menu Ra”, kata Nurhasyim merupakan logat khas kendal dan singkatan dari kalimat Semangat,Hati-Hati Dan Tawakal Dalam Mengelola Sanitasi Berbasis Masyarakat.

“Dengan metode ini saya berharao masyarakat mampu menggali potensi desanya sehingga bisa mandiri untuk keberlanjutan dalam operasi dan pemeliharaan sanitasi, mampu pula untuk mengembangkan akses sanitasi layak secara mandiri,”lanjutnya.

Tahun 2021 ini sebagai pilot project adalah IPAL Komunal desa Gondang Kec.Limbangan dan desa Kebongembong Kecamatan Pageruyung.

BERITA REKOMENDASI