Dirlantas Polda Jateng Minta Anggota Gejala Sakit Tak Layani Masyarakat

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Direktur Direktorat Lalu-Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah, Kombes Polisi Arman Achdiat memastikan penerapan protokol kesehatan dalam pelayanan lalu-lintas, Selasa (30/06/2020). Arman meminta anggotanya untuk memahami serta menerapkan panduan tertulis Surat Edaran Kementrian Kesehatan tentang Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 agar pintu pelayanan lalu-lintas tidak menjadi salah satu klaster penularan.

Kepada wartawan melalui rilis tertulis, Arman mengatakan tak akan membebankan sanksi pada anggotanya yang tak menaati protokol kesehatan. Hanya saja, ia menyampaikan apabila ada konsekuensi jauh lebih besar apabila ada pelayanan lalu-lintas di seluruh Jawa Tengah justru nantinya menjadi klaster akibat adanya kelalaian.

“Kami ingin memastikan semua unit layanan lalu-lintas baik di pos maupun kantor di Jawa Tengah menerapkan protokol kesehatan. Kami berupaya terus melakukan pemantauan dan jangan salah, ini bukan untuk mencari-cari kesalahan namun memastikan semua berjalan dengan maksimal agar penyebaran Covid-19 bisa benar-benar diminimalisir,” ungkapnya.

Arman menganalogikan, saat ini masyarakat berupaya maksimal untuk menerapkan protokol kesehatan dan saling mengingatkan apabila ada orang lain yang lalai. “Tidak lucu apabila kita sebagai penegak hukum justru abai akan protokol kesehatan ini,” sambungnya.

Secara khusus para petugas pun diminta untuk menjaga kesehatan serta mengenakan alat pelindung diri seperti masker, face shield dan selalu mencuci tangan setelah melakukan pelayanan pada masyarakat. “Kalau ada yang gejala sakit seperti demam, pilek, batuk, nyeri tenggorokan atau sesak nafas saya perintahkan untuk tidak melayani masyarakat dan langsung memeriksakan diri,” tegasnya.

Di sisi lain, Polda Jawa Tengah menurut Amran juga mempersiapkan fasilitas kebersihan di lokasi-lokasi pelayanan seperti tempat cuci tangan, sabun serta hand sanitizer. Ia berharap lokasi seperti unit pengurusan SIM, STNK, BPKB, Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, Pos Patroli Lalu-Lintas serta Unit Penanganan Kecelakaan Lalu-Lintas siap menyambut normal baru dan tak malah menjadi klaster penyebaran Covid. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI