Diundang Ganjar ke Podium, Ini Pesan Para Veteran Kemerdekaan

SEMARANG, KRJOGJA.com – Kehadiran para pejuang veteran kemerdekaan dalam upacara HUT RI yang biasanya hanya sebagai tamu undangan, untuk peringatan HUT RI ke-75 ini oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dijadikan sebagai tamu kehormatan. Gubernur membuat kejutan dengan mengundang veteran naik podium inspektur upacara.

Ini dilakukan Ganjar Pranowo saat upacara peringatan HUT RI ke-75 di halaman Kantor Gubernur Jateng Senin (17/8/2020). Pada awal upacara berjalan seperti biasa sesuai dengan urutan acara protokoler. Ganjar sebagai inspektr upacara membacakan amanat tentang sosok Mbah Padmo Darsono, warga Dusun Girpasang, Klaten. Di akhir pembacaan amanat, Ganjar menengok ke belakang, ke arah tamu undangan.

“Di ulang tahun ini rasanya sangat jarang kita mendengar apa kata veteran, apa yang dirasakan beliau. Dalam kesempatan yang baik ini saya mengundang senior kita, veteran kita untuk naik ke podium ini, saya persilahkan,” kata Ganjar.

Sejumlah pejabat dan peserta upacara nampak terkejut dengan permintaan Ganjar, karena permintaan itu tidak ada dalam tata urutan upacara yang telah disusun. Namun Nampak salah satu veteran berdiri dan berjalan ke arah Ganjar. Satu petugas upacara nampak menggandeng veteran itu, M Amin Munadjat, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jateng.

Di panggung Gubernur minta kepada Amin Munadjat untuk memberi pesan-pesan kemerdekaan. Amin tidak langsung memberi pesan, namun justru mengomentari cerita Ganjar tentang Mbah Padmo.

“Kami sungguh mengapresiasi apa yang sudah Pak Gubernur lakukan terhadap masyarakat Jawa Tengah. Di tengah gemerlapnya Semarang, Bapak tidak lupa jauh di ujung sana, di puncak bukit, ada masyarakat kita yang sangat sederhana. Itu patut kita apresiasi,” kata Munadjat.

BERITA REKOMENDASI