DKK Tegaskan Salatiga Aman Infeksi Virus Corona

Editor: KRjogja/Gus

SALATIGA, KRJOGJA.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Siti Zuraidah didampingi Asisten Administrasi Umum, Ardiyantara menegaskan bahwa sampai Rabu (29/01/2020) wilayah Salatiga aman dari penularan suspect virus Corona. Sedangkan seseorang yang sempat memeriksakan diri ke IGD RSUD Salatiga dan mengaku pulang dari Wuhan, China adalah seorang dosen salah perguruan tinggi negeri di Yogyakarta.

 

“Pasien yang mengalami influenza dan memeriksakan diri ke IGD RSUD Salatiga yang kini dirujuk ke RS Karyadi Semarang mengaku dari Wuhan. Ia bukan warga Salatiga melainkan asal Yogyakarta. Ia adalah dosen dan kuliah S3 di Kota Wuhan, China. Setelah memeriksakan diri lalu dirujuk ke RS Karyadi. Kami belum mendapat kabar terakhir dari isolasi terhadap yang bersangkutan,” tandas Zuraidah saat jumpa pers dengan para wartawan di Pemkot Salatiga, Rabu (29/01/2020).

Foto: Asisten Administrasi Umum Kota Salatiga, Ardiyantara dan Kepala DKK Salatiga, Zuraidah Menggelar Jumpa Pers Terkait Virus Corona dan Kabar Pemeriksaan Pasien Terduga Suspect Corona di RSUD Salatiga.

Ditanya ketegasan mengenai kondisi Kota Salatiga, Zuraidah menegaskan bahwa di Salatiga belum ditemukan dan belum ada laporan mengenai influenza yang indikasinya infeksi virus Corona yang ramai dibicarakan sekarang ini.

“Namun kami imbau warga tetap waspada dengan influenza dalam tanda kutip dengan segala gejalanya termasuk apakah pernah ke kota Wuhan. Sebab, virus Corona masa inkubasinya dua pekan,” jelas Zuraidah.

Sementara itu, Direktur Utama RSPAW  Ngawen Salatiga Farida Widayati mengatakan terkait dengan virus Corona ini pihaknya melakukan sosialisasi kepada pengunjung rumah sakit mengenai penyakit yang disebabkan oleh virus Corona dan cara penyebarannya. (Sus)

BERITA REKOMENDASI