DKK Temukan Zat Rodamin B di Minuman

SALATIGA (KRjogja.com)- Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga menemukan minuman anak yang mengandung Rodamin B (zat pewarna tekstil) di beberapa sekolah di Salatiga, yang dijual oleh pedagang keliling.

"Kami menemukan zat pewarna pakaian (tekstil) di jajanan jenis minuman yang dijual oleh pedagang keliling di sekolah. Kami menemukan zat tersebut  bukan di kantin sekolah," tandas Kasi Farmasi DKK Salatiga, Siti Zubaidah kepada wartawan, Kamis (25/08/2016).

Zat rodamin B ini membahayakan kesehatan anak, dan bisa menyebabkan diare (waktu pendek), jangka panjangnya akan merusak hati dan bisa menyebabkan kanker. “Tahun ini kami memeriksa 12 SD, kami memberi penyuluhan kepada siswa,” ungkapnya.

DKK Salatiga mengambil sampel di beberapa sekolah tersebut dengan cara membeli baik di kantin sekolah sasaran maupun penjual es lilin di kantin. Pada Kamis (25/8) DKK memeriksa minuman di kantin sekolah SD Mangungsri 4 Salatiga. Ciri-ciri minuman yang mengandung zat rodamin B, warnua merah dan kuning. Penjual yang berada di sekitar sekolah juga diberi pembinaan secara langsung.  (Sus)

BERITA REKOMENDASI