Dorong Dosen Menulis, Unimus Gelar Webinar Penyusunan Buku

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Tim Task Force Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar webinar Strategi Penyusunan Book Chapter, Modul, Buku Ajar dan Buku Referensi sebagai implementasi PKKM, belum lama ini.

Webinar yang dibuka Wakil Rektor I Unimus Dr Budi Santoso MSi Med ini menampilkan narasumber Prof Dr Ir Cipta Ginting MSc (dosen Universitas Lampung lulusan S3 Amerika) dan Bambang Trimansyah SS dengan moderator Budi Tri Santosa SS MA.

Wakil Rektor I Dr Budi Santoso Msi Med saat membuka webinar menyampaikan aApresiasi positif pada tim task force PKKM Unimus yang gencar dan berhasil melaksanakan banyak kegiatan sejalan dengan hibah PKKM yang diterima Unimus. Menurutnya, modul, book chapter dan karya ejenisnya bisa tercipta bagus kalau betul-betul dikerjakan oleh dosen.

“Buku dan sejenisnya akan bisa menjadi karya ilmiah terpublikasi, menjadikan ilmu kita manfaat bagi orang lain bahkan misalnya kita sudah meninggalpun masih tetap bermanfaat bagi pembacanya. Juga dosen akan menjadi kebangaan kampusnya akalu banyak karya ilmiah yang dipublikasikan secara internasional” ujar Wakil Rektor I Unimus Dr Budi Santoso Msi Med.

Sementara itu pula Ketua Tim Taskforce PKKM yang juga Dekan FMIPA Unimus Dr Eny Winaryati MPd pada pembukaan acara menyampaikan dunia pendidikan saat ini sedang bergerak menuju aplikasi kampus mereka. Kegiatan kali ini terkait kegiatan tim task force PKKM berupa kegiatan penulisan buku ajar, book chapter, monograf dan lain-lain.
“Ini implementasi indikator kinerja utama (IKU) yang digariskan dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Perguruan tinggi mempunyai semangat untuk menerapkan 8 IKU sesuai permen no 754 . Acara kali ini sebagai penerapan IKU kelima menyangkut tentang riset dosen yang bermuara pada beberapa produk penelitian di antaranya penulisan buku ajar, monograf dan lain sebagainya” ujar Dr Eny.

Dr Eny juga mengapresiasi para dosen Unimus serta dosen luar Unimus yang memiliki semangat tinggi dalam menyusun berbagai bentuk tulisan luaran penelitian seperti buku ajar, book chapter, monograf dan lain-lain. Ini juga sebagai indikasi adanya dorongan kuat membuat karya ilmiah yang berdampak bagus pada kinerja dan peningkatan mutu dosen. Sedikitnya 3 aspek IKU dicapai dalam kegiatan tersebut yaitu peningkatan kualitas dosen, peningkatan kualitas mahasiswa dan peningkatan kualitas pembelajaran.

“Buku yang disusun bisa dijadikan bagian dari media pembelajaran dosen. Selama ini banyak statemen yang menyatakan kalangan dosen di Indonesia sangat kurang produktif dalam menulis buku ajar, book chapter dan sejenisnya. Kami berharap dan yakin dengan keikutsertaan pada acara webinar ini para dosen Unimus maupun dosen luar Unimus yang mengikuti webinar ini akan menjadi semakin produktif nantinya” tandas Dr Eny. (Sgi)

 

BERITA REKOMENDASI