Dosen Perlu Roadmap Penelitian Pengabdian

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com – Prodi S1 Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan IPA Universitas Muhammadiyah Semarang (FMIPA Unimus) bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unimus menyelenggarakan “Workshop Penyusunan Road Map Penelitian & Pengabdian Dosen Serta Integrasinya dalam
Pembelajaran”, Selasa (18/1/2022).

Workshop yang dibuka Kepala LP3M Unimus Dr Edy Soesanto ini menampilkan narasumber Prof Dr Ucu Cahyana MSi (Ketua LP2M Universitas Negeri Jakarta) dengan moderator Dr Eny Winaryati MPd (Dekan FMIPA Unimus).

Ketua Panitia Eko Yulianto SPd MPd di sela-sela pembukaan menyampaikan kegiatan ini berupa workshop penyusunan roadmap dosen dan bagaimana pengintegrasian luaran-luaran penelitian dan pengabdian dalam pembelajaran/perkuliahan.

“Tujuannya dosen mampu menyusunan road map penelitian dan pengabdian dosen, mampu menyajikan Produk PKM dan Penelitian Integrasinya dalam Pembelajaran. Sehingga berujung peningkatan kualitas dosen dan daya saing perguruan tinggi melalui peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat” ujar Eko Yulianto.

Pembicara workshop Prof Dr Ucu Cahyana MSi menyampaikan road yang disusun dosen merupakan rancangan atau peta penelitian dan pengabdian masyarakat dalam jangka panjang 10 sampai 15 tahun ke depan, bahkan bisa lebih. Lewat roadmap ini maka penelitian dan pengabdian maka dosen semakin terarah dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian nya.

“Ini peta jalan jangka panjang bagi dosen sehingga dosen fokus pada bidang yang disampaikan dalam road map. Misalnya, genose, produk karya UGM yang monumental tersebut saya yakin tidak dibuat secara tiba tiba karena ada covid-19. Tetapi sebelumnya para peneliti sudah banyak melakukan penelitian panjang dan bertahun tahun terkait hal hal yang ada kaitannya dengan genose. Tidak ada istilah tiba tiba dalam suatu penelitian yang menghasilkan karya hebat, pasti nya melalui proses panjang” ujar Prof Dr Ucu Cahyana MSi.

Sementara itu pula Dekan FMIPA Unimus yang sekaligus moderator workshop Dr Eny Winaryati MPd menyampaikan workshop ada kaitannya dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khusus nya menyangkut IKU (Indikator Kinerja Utama) ke-5 terkait riset dosen. Juga IKU 7 tentang peningkatan kualitas pembelajaran. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI