DPKP Salatiga ‘Ancang-Ancang’ Beli Lahan Tempat Pemakaman Umum

Editor: Ivan Aditya

SALATIGA, KRJOGJA.com – Dinas Perumahan dan Penataan Permukiman (DPKP) Salatiga mulai ‘ancang-ancang’ membeli tanah milik warga untuk perluasan tempat pemakaman umum (TPU) di Ngemplak Jalan Lingkar Selatan dan Blondo Celong, Kecamatan Tingkir Salatiga. Langkah ini dilakukan karena kedua TPU tersebut hampir penuh menyusul kasus kematian karena Covid 19.

Kepala DPKP Salatiga, Eny Endang Surtiani kepada KR mengatakan usulan pembelian lahan milik warga yang bersebelahan dengan kedua TPU milik Pemkot Salatiga ini sudah dibahas pada pembicaraan dengar pendapat dengan Komisi C DPRD Salatiga.

“Kami melalui Bidang Pemakaman DPKP mengusulkan pembelian lahan baru yang bersebelahan dengan kompleks TPU Ngemplak dan Blondo Celong untuk diperluas sebagai tambahan, ” kata Eny Endang Surtiani, Senin (02/08/2021).

Dijelaskannya, tanah milik warga yang akan dibeli tersebut jumlahnya kurang lebih 7 bidang.
Menyikapi usulan pembelian lahan baru ini, anggota Komisi C DPRD Salatiga, M Fathur Rahman kepada KRJOGJA.com menegaskan dirinya berharap agar ditinjau ulang atau dikaji ulang karena kondisi keuangan.

Menurutnya lebih baik memanfaatkan tanah eks bengkok aset daerah untuk kompleks pemakaman sehingga tidak terjadi pemborosan anggaran. “Lebih baik dikaji ulang, karena masih banyak tanah eks bengkok yang bisa dimanfaatkan dan tidak harus membeli tanah kepada warga, ” tandas Fathur Rahman. (Sus)

BERITA REKOMENDASI