DPKP Salatiga Siapkan Ratusan Petak Makam Covid 19

Editor: KRjogja/Gus

SALATIGA, KRJogja,com – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Salatiga menyiapkan ratusan petak makam korban meninggal akibat covid 19 yang terus meningkat belakangan ini. Kompleks pemakaman berada di Ngemplak Timur Jalan LIngkar Selatan (JLS) Salatiga. Langkah ini karena makam milik Pemkot Salatiga di Ngemplak Barat JLS sampai Senin (12/7) tersisa 30 petak saja.

Kepala Dinas PKP Salatiga, Eny Endang Surtiani kepada KR menjelaskan pemanfaatan lahan makam di Ngemplak Timur yang telah dibangun dan belum dimanfaatkan, akan digunakan untuk pemakaman korban meninggal akibat covid19 setelah Walikota Salatiga dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) melihat lokasi beberapa waktu lalu. “Kompleks pemakaman di Ngemplak Timur akan dipergunakan untuk pemakaman korban meninggal covid 19,” kata Eny Endang Surtiani, Senin (12/7).

Ia juga mengatakan sedangkan pemakaman umum milik Pemkot Salatiga di Blondo Celong dikhususkan untuk pasien meninggal dari RS DKT Salatiga, yang pemakamannya siang hari. Karena kalau malam hari akses masuk ke makam Blondo Celong agak susah.

Sedangkan, Kepala Bidang Pemakaman DPKP Salatiga, Hengky Aryo Alfianto mengatakan kompleks pemakaman Ngemplak Barat sudah hampir habis dan tersisa kurang lebih 30 petak saja. Sedangkan untuk komplek pemakaman Ngemplak Timur yang disiapkan untuk korban meninggal covid 19 sebanyak 283 petak. “Di Kompleks Pemakaman Ngemplak Timur nanti disiapkan 283 petak makam,” kata Hengky kepada KR.

Data dari DPKP Salatiga, jumlah petak di dua pemakaman Ngemplak dan Blondo Celong Salatiga, hingga Senin (12/7), pemakaman Ngemplak luas 7.126 meter persegi. Muslim 282 petak dan sudah terpakai 227 petak tersisa 32 petak. Non Muslim 390 petak dan terpakai 318 petak sisa 34 petak. Kemudian untuk kompleks pemakaman Blondo Celong Tingkir Salatiga, luas 3.085 meter persegi petak muslim 93 petak terpakai 45 petak dan sisa 93 petak. Sedangkan untuk non muslim jumlah petak 150 terpakai 98 petak dan saat ini tersisa 52 petak. (Sus)

 

 

BERITA REKOMENDASI