DPRD Jateng Setujui Perubahan Propemperda 2021

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRjogja.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jateng menyetujui perubahan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2021. Maka, Jateng akan segera membentuk Badan Riset Daerah (Brida) sebagai perangkat daerah di Jateng.

Persetujuan itu dilakukan anggota DPRD Jateng dalam Rapat Paripurna Virtual DPRD Provinsi Jateng masa persidangan pertama tahun sidang 2021/2022 Jumat (10/9) di Lantai IV Gedung DPRD Jateng. Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Jateng Quatly Abdulkadir Alkatiri dan Wakil Ketua Heri Pudyatmoko.

Sebelum anggota sepakat dan pimpinan menggedok perubahan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2021, Pimpinan Rapat Paripurna Quatly Abdulkadir Alkatiri lebih dulu memberikan waktu pada Bapemperda untuk menyampaikan hasil pembahasan yang melatarbelakangi keputusan tersebut. Penyampauan hasil pembahasan Bapemperda disampaikan oleh Wakil Ketua Bapemperda Bambang Eko Purnomo.

Dalam paparannya, Bambang Eko Purnomo menyampaikan peranan Perda sangatlah penting dalam penyelenggaraan otonomi daerah maka penyusunan perlu diprogramkan dengan baik dan terukur. Hal itu menandai sebuah instrumen yang dipersyaratakan dalam ketentuan Pasal 32 UU Nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.

Bapemperda merupakan instrumen perencanaan pembentukan perda secara terencana terpadu dan sistematis. Termasuk memuat daftar prioritas rancangan yang disusun dalam metode dan parameter tertentu.

Bambang Eko Purnomo mengatakan, lahirnya Peraturan Nomor 33 Tahun 2021 pada April lalu tentang Badan Riset dan Inovasi nasional bertujuan menjalankan penelitian dan pengembangan serta inovasi yang terintegeasi.

Perpres juga mengatur tentang pembentukan tugas dan fungsi Brida tersebut. Maka Pemda diwajibkan membentuk Brida sebagaimana tertuang dalam aturan yakni dalam bentuk perangkat daerah atau diintegrasikan dalam perangkat daerah paling lama dua tahun sejak peraturan diundangkan.

BERITA REKOMENDASI