DPRD Kendal Terima Dua Raperda Diluar Propemperda 2021 untuk Dibahas

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Program Pembentukan Peraturan Daerah atau Propemperda adalah instrumen perencanaan program pembentukan Peraturan Daerah yang disusun secara terencana, terpadu dan sistematis. Jika ada raperda yang penting atau urgent dan diusulkan bupati untuk dibahas diluar propemperda maka dewan memberikan waktu untuk bisa dibahas dan selanjutnya disyahkan sebagai perda.

Ada dua raperda yang akan dibahas dan merupakan raperda diluar propemperda tahun 2021 yang dudah direncanakan. Pemkab Kendal kata Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun akan meminta kepada dewan untuk membahas dua raperda tersebut.

“Kami bisa membahas Rapeda Inisiatif dari bupati diluar propemperda 2021 mengingat fungsinya dan kepentinganya dan kedua raperda yang diajukan memang tingkat urgensinya tinggi,” ujar Makmun, Kamis (02/12/2021).

Dalam rapat paripurna, anggota DPRD Kendal yang hadir setuju untuk membahas dua raperda tersebut. Bupati Kendal Dico Ganinduto menjelaskan ada dua raperda yang perlu dibahas karena menyesuaikan berlakunya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang telah mengubah beberapa Undang-Undang dan peraturan pelaksanaannya.

Selain itu juga untuk memberikan kepastian hukum sehingga tidak ada tumpang tindih dan dapat dipedomani dengan baik oleh masyarakat Kabupaten Kendal dan para pemangku kepentingan.

“Dua yang dimaksud adalah raperda tentang raperda pencabutan beberapa peraturan daerah Kabupaten Kendal dan raperda tentang perubahan kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Perizinan Tertentu di Kabupaten Kendal,” ujar Dico.

Kepada seluruh anggota legislatif dirinya berpesan, menginat kepentinganya agar pembahasan tidak terlalu lama. “Saya berharap pembahasan dua raperda ini tidak begitu lama mengingat tingkat kepentingannya,” lajutnya.

Sebagai tanda dimulainya pembahasan dua raperda diluar Program Pembentukan Peraturan Daerah, bupati menyerahkan materi dua raperda kepada Ketua DPRD Kabupaten Kendal. (Ung)

BERITA REKOMENDASI