DSN-MUI Gelar Training DPS

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG (KRjogja.com) – Dewan Syariah Nasional Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Perwakilan Jawa Tengah akan mengadakan pelatihan dan sertifikasi bagi calon dewan pengawas syariah (DPS) koperasi syariah dan BMT selama tiga hari, mulai Kamis hingga Sabtu (8-10/2/2018), di hotel Grasia Semarang. 

Pelatihan angkatan I ini diikuti 45 orang dari berbagai latar belakang, seperti pesantren, perguruan tinggi dan aktivis Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Para pengajar berasal dari akademisi dan praktisi LKS.

Menurut Ketua Umum MUI Jawa Tengah Dr KH Ahmad Darodji MSi, pelatihan ini digelar untuk mengantisipasi kebutuhan DPS yang diperlukan oleh koperasi Syariah dan BMT yang jumlahnya secara nasional mencapai 150.233 unit usaha. Jika masing-masing LKS itu minimal memiliki 2 orang DPS, berarti kebutuhannya 300.466 orang.

Dr KH Ahmad Darodji MSi menambahkan, yang hendak disiapkan bukan hanya kuantitasnya, tapi juga kualitasnya. DPS merupakan organ DSN-MUI yang bertugas mengawasi dan memberikan saran dan nasehat kepada pengelola LKS dalam menjalankan prinsip Syariah. DPS harus menguasai fatwa-fatwa yang telah dikeluarkan oleh DSN-MUI yang mengatur soal akad-akad keuangan dan bisnis Syariah. Agar kompetensinya terstandar, maka DPS harus mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini.

Menurut koordinator sekretariat DSN-MUI Perwakilan Jawa Tengah, Dr Abu Rokhmad, pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali peserta dengan pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill), sikap (attitude) dasar kompetensi pengawas Syariah kepada calon DPS atau DPS di koperasi dan BMT. Bagi peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat kelulusan pelatihan sebagai syarat untuk menjadi DPS di koperasi Syariah atau BMT. Sertifikat juga bisa digunakan untuk mengikuti program sertifikasi pengawas Syariah di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) DSN-MUI dan sertifikat program pendidikan lanjutan sebagai syarat mengikuti program surveilen di LSP pengawas Syariah.

Abu Rokhmad menambahkan, secara periodik pelatihan ini akan dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan yang tinggi terhadap DPS. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website www.dsnmui-or.id. (Isi) 

 

BERITA REKOMENDASI