Dua Pasar di Salatiga Dibangun Rp 1,9 Miliar

Editor: KRjogja/Gus

SALATIGA (KRjogja.com) – Dua pasar di Kota Salatiga, yakni Pasar Andong di Jalan Osamaliki dan Pasar Blauran II segera dibangun dengan dana bantuan pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dana dari Kementrian Perdagangan dan UMKM, sebesar Rp 1,9 miliar di tahun 2017 ini.

Kepala Dinas Perdagangan (Dinperdag) Kota Salatiga, Muthoin menjelaskan untuk pasar Andong Salatiga, dari Rp 1,7  miliar yang diusulkan ke pusat, turun bantuan pembangunan Rp 700 juta.

Revitalisasi Pasar Andong masuk dalam program pembangunan 5.000 pasar tradisional di seluruh Indonesia yang digulirkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan anggarannya ditentukan oleh pemerintah pusat. “Untuk Pasar Andong dibangun dengan anggaran Rp 700 juta, yang menetapkan anggaran pemerintah pusat,” jelas Muthoin kepada Krjogja.com, Rabu (10/05/2017).

Sementara itu untuk tambahan anggaran, pihak dinas perdagangan menurut Muthoin mengusulkan anggaran sebesar Rp 2 miliar kepada  Walikota Salatiga. Selain Pasar Andong, pembangunan pasar juga dilaksanakan pembenahan di Pasar Blauran II Jalan Taman Makam Pahlawan Salatiga yang harus ditata ulang. Dana yang turun ke Salatiga, Rp 1,2 miliar dari Kementrian Perdagangan yang mengurusi UMKM. “Pasar Bluaran II anggaran Rp 1,2 miliar,” tukas Muthoin. saat meninjau lokasi Pasar Blauran II, Rabu (10/05/2017). (Sus)

BERITA REKOMENDASI