Dusun di Kendal Mulai Dapat Bantuan Hingga Rp 300 Juta

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Desa berbasis Dusun sudah mulai di gulirkan. Untuk tahun 2021 ini di kucurkan kepada 19 desa sebagai pilot project. Dana tiap desa untuk langkah awal diberikan kepada satu dusun.

“Program bantuan dengan nilai Rp 100 juta – Rp 300 juta per dusun untuk tahap awal ini kami kucurkan untuk satu dusun tiap desanya. Kami perlu ujicoba karena agar saat pelaksanaan tahun 2022 sudah tepat sasaran dan sesuai kebutuhan yang diinginkan masyarakat,” ujar Bupati Kendal, Dico Ganinduto saat meresmikan kucuran dana BKK di Desa Karangtengah, Senin (07/06/2021).

Bantuan menurut Bupati Dico adalah melalui proposal pengajuan kepada Bupati Kendal yang nantinya kan diteruskan kepada Dinas Pembedayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes). Mekanisme melalui proposal pengajuan agar dana yang dikucurkan bisa tepat sasaran dan memang benas-benar dibutuhkan.

Saat ini sudah ada 1.794 proposal yang dikirimkan dari 1.165 dusun yang ada di Kabupaten Kendal. “Setelah kami verifikasi sudah ada 1.001 dusun yang memenuhi tahapan verifikasi. Mayoritas proposal adalah perbaikan infrastruktur, sementara selain infrastruktur kami juga akan gunakan untuk UMKM dan juga pemberdayaan masyarakat,” lanjutnya.

Lebih lanjut dikatakan bantuan dana desa dengan basis dusun ini merupakan salah satu program dari Dico dan Wabup Basuki. Pertahun dusun akan menerima bantuan sebesar Rp 100 juta hingga Rp. 300 Juta.

Sementara itu Kepala Desa Sumberejo, Ngatman menjelaskan jika bantuan yang diterima buka dalam bentuk dana segar namun berupa paket pekerjaan yang sudah ada pelaksananya. “Untuk bantuan per dusun ini kami terima beres tidak repot menjajakan dananya, tapi langsung produk jadi dan ini mepermudah desa,” ujar Ngatman. (Ung)

BERITA REKOMENDASI