Ekonomi Unissula Bantu Diversifikasi Produk dan Inovasi Gulo Kacang

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Tim pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi Unissula Semarang bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unissula melakukan pendampingan terhadap ibu ibu desa ManggihanKecamatan Getasan Kabupaten Semarang belum lama ini.

Tim terdiri dari Sri Dewi Wahyundaru, Sri Hindah P dan Endang Dwi A. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi aktivitas berbasis kelompok Dasawisma yang dilakukan secara menyeluruh sehingga mampu mengakomodir seluruh aspek usaha dari peningkatan mindset wirausaha, tersedianya sarana dan prasarana guna menjalankan usaha, pengembangan manajemen packaging melalui pendampingan produk gula kacang.

“Pendampingan dilakukan secara terukur dan ketercapaian target luaran berupa diversifikasi produk packaging produk gula kacang, merk dagang / hak cipta, dipublikasikan dalam media pengabdian masyarakat dan pembukuan UMKM” ujar Sri Dewi W kepada pers Sabtu (27/11/2021).

Tim mendampingi dalam hal manajemen UMKM Gulo Kacang, Diversifakasi produk gula kacang, dengan upaya untuk menambah rasa lain gula kacang yang sudah ada, label output produk juga memperbaiki kemasan produk gula kacang, serta penyelesaian ijin berusaha dari Provinsi Jawa Tengah.

“Untuk meyakinkan hasil output produk gula kacang dilakukan uji atas komposisi gula kacang Desa Manggihan Kabupaten Semarang. Uji lab dilakukan di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Dinas Kesehatan Balai Laboraturium Kesehatan dan Pengujian Alat Kesehatan, hasilnya memenuhi standart hiegienis” tambah Sri Dewi.

Desa Manggihan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang dibawah Kepemimpinan Supriyadi selaku Kades, memiliki potensial yang luar biasa, banyak hal yang diberdayakan dari Desa Getasan selain produk gula kacang, juga produk pengolahan singkong yang sudah menempuh pasar eksport, hidroponic juga menembus pasaran internasional. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI