Ekspor Sarang Walet Salatiga Tembus Rp 500 M

SALATIGA, KRJOGJA.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan sarang walet terbaik di dunia berada di Indonesia. Salah satunya dari usaha sarang walet di Kota Salatiga yang ditangani oleh PT Waleta Asia Jaya di Canden RT 07 RW 03, Kelurahan Kutowinangun Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga.

"Ekspor sarang walet dari data yang kami peroleh di Salatiga ini kurang lebih mencapai Rp 500 miliar per tahun dengan mempekerjakan 500 lebih  pekerja. Sarang burung walet terbaik di dunia berasal dari Indonesia. Untuk itu ke depan akan dilakukan gerakan tiga kali lipat omzet ekspor. Kalau di Salatiga ini bisa tiga kali menjadi Rp 1,3-Rp 1,5 triliun dalam satu tahunnnya,” tandas Syahrul Yasin Limpo kepada para wartawan usai meninjau PT Waleta Asia Jaya Salatiga, Selasa (18/11/2019) sore tadi.

Mentan juga mengungkapkan Indonesia memiliki ruang dan peluang yang besar untuk ekspor. Sarang walet memberikan ruang tersendiri dan sangat menjanjikan. “Setelah saya meninjau Salatiga ini akan program tiga kali lipat. Caranya hulu dan hilirnya dipersiapkan. Termasuk kelompok menangkar rumah walet, pengepul dan pabrikasi dan kami berharap tidak melalui lain dan langsung ke konsumen di luar negeri,” tandas Syahrul Yasin Limpo.

Direktur PT Waleta Asia Jaya Salatiga, Joko Hartanto kepada wartawan di sela-sela kunjungan Mentan mengatakan bahwa produk ekspor dari perusahannya tidak mencapai Rp 500 miliar dalam satu tahun. “Kalau ekspor kami kurang lebih di bawah Rp 250 miliar per tahun. Mungkin yang dimaksud Pak Menteri tadi Rp 500 miliar per tahun itu Jawa Tengah,” tandas Joko Hartanto. (Sus)

 

BERITA REKOMENDASI