Enam Titik Tanggul Sepanjang Kalibodri Rawan

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Kesiapsiagaan terhadap bencana perlu dilakukan dalam menghadapi musim hujan tersebut agar bisa menghindari jatuhnya korban jiwa. Untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi musim hujan Bupati Kendal Dico Ganinduto melakukan pemeriksaan dari BPBD dan juga instansi oendukung serta TNI Polri dalam menghadapinya.

Dalam Apel kesiapsiagaan menghadapi bencana seluruh kelengkapan baik personil maupun peralatan. Tidak hanya kesiapan, Dico juga disuguhi simulasi penanganan sebuah kejadian bencana di Lapangan Desa Korowelangkulon Kecamatan Cepiring, Kamis (04/11/2021).

Dico menyatakan bencana banjir merupakan potensi yang akan melanda Kabupaten Kendal, untuk itu harus disiapkan penanganan kebencanaanya. Sebelum Bendung Kalibodri yang merupakan proyek strategis nasional selesai, maka potensi banjir akan selalu ada.

Lebih lanjut Dico mengatakan ada enam titik tanggul kritis saat ini dan semua ada di sepanjang Kalibodri. “Banjir dan tanggul kritis merupakan hal yang harus diantisipasi dan jika datang penanganan juga harus tepat dan cepat karena ini terjadi saat musim hujan tiba,” ujar Dico.

Secara umum alat dan personil sudah lengkap dan siap dalam menghadapi kemungkinan teejadi sebuah bencana di Kendal. Ia berpesan kepada masyarakat jika ada bencana segera menghubungi petugas agar bisa tertangani dengan cepat. “Jangan ragu jika ada kejadian di sekitar kita, langsung menghubungi 112 agar segera tertangani,” lanjutnya.

Sementara itu salah seorang petugas dari Badan Penanggulangan Bendana Daerah (BPBD) Kendal, Khaerul mengatakan kesiapannya dalam menghadapi bencana tidak diragukan lagi. Peralatan sudah lengkap ditunjang dengan tenaga yang terlatih siap membantu masyarakat.

“Peralatan kita lengkap dan juga tenaga sudah berkompetensi siap membantu masyarakat dalam menghadapi kebencanaan,” ujar Khaerul. (Ung)

BERITA REKOMENDASI