FBBA Unimus-FLC UPSI Malaysia Gelar International Visiting Lecture

SEMARANG,KRJOGJA.com-Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggarakan kegiatan international visiting lecture secara daring, Rabu (28/10/2020) dengan pembicara Assoc Prof Dr Mazura Muhammad dari Universitas Pendidikan Sultan Indris (UPSI) Malaysia.

Acara yang dibuka Dekan FBBA Unimus Muhimatul Ifadah MPd dipandu Dr Dody Mulyadi MPd (Kaprodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris) dan Heri Dwi Santoso MPd (Kaprodi S1 Sastra Inggris) diikuti semua dosen FBBA Unimus dan semua mahasiswa semester I sampai VII FBBA Unimus. Visiting lecture kali ini mengambil topik “Linguistics: Challenges and Opportunities in ESL and EFL for Remote Teaching English”.

Dekan FBBA Unimus Muhimatul Ifadah MPd kepada pers menyatakan international visiting lecture kali ini merupakan bagian kerjasama FBBA Unimus dengan Faculty of Language and Communication (FLC) UPSI Malaysia. Setelah ini sejumlah kerjasama lainnya akan dilaksanakan di antaranya rangkaian visiting lecture lainnya, joint publication, student exchange, dan magang luar negeri.

“Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, menambah rekognisi dosen dengan harapan kerjasama ini lebih merepresentasikan kegiatan untuk aplikasi bagaimana pemenuhan kompetensi bahasa para mahasiswa pendidikan bahasa Inggris dan Sastra Inggris. Sekarang ini bahasa sebagai alat komunikasi kadang hanya dimaknai sebagai skill dengan target kompetensi reseptif bukan produktif sehingga kami menjembatani bagaimana agar kerjasama ini lebih betul-betul sebagai aplikasi dan membawa manfaat khususnya bagi mahasiswa kami agar bisa meningkatkan daya saing internasionalnya. Lima tahun ke depan kami ingin student mobility berjalan baik karena mau tidak mau ini tuntutan dalam revolusi industri 4.0” ujar Dekan.

Lebih lanjut menurut Dekan, kali ini UPSI lebih dulu diberi kesempatan mengisi visiting lecture untuk mahasiswa Unimus dan akhir tahun atau paling lambat awal tahun depan giliran FBBA Unimus yang mengisi visiting lecture untuk mahasiswa UPSI. Pada visiting lecture kali ini sekitar 200 mahasiswa semester I sampai VII FBBA Unimus dan para dosen mengikuti visiting lecture dari dosen UPSI dengan topik yang bersifat umum sehingga bisa diikuti semua mahasiswa. Ada kemungkinan nantinya kalau dosen Unimus mengisi visiting lecture untuk UPSI, sudah masuk pada topik topik di semester tertentu. (sgi)

BERITA REKOMENDASI