FK Unimus Peringati Dies Ke-13

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang (FK Unimus) menyelenggarakan rangkaian acara Milad (Dies) ke-13 bertemakan HEPAR : Hope Begins, Peace Regins”, (5-11/12).

Dekan FK Unimus dr Wahju Budi Martono SpTHT-KL MSi Med didampingi Wadek I dr Merry Tiyas Anggraini MKes dan Wadek II dr Aisyah Lahdji MM MMR kepada wartawan Rabu (15/12/2021) menyampaikan rangkaian acara dies diisi dengan berbagai kegiatan secara hibrid (offline dan online) yang diikuti oleh internal sivitas FK Unimus serta masyarakat di seluruh Indonesia termasuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Di antaranya lomba olah raga, lomba karya ilmiah, ceramah, webinar/seminar, talk show, pembuatan poster tentang kesehatan, lomba video pendek PMR, dan senam kreasi keluarga. Rangkaian acara dies ditutup dengan acara penutupan yang diisi pembagian hadiah serta pemotongan tumpeng dimana Dekan memberikan nasi tumpeng kepada Dekan pertama dan salah satu pendiri FK Unimu Prof dr Siti Moetmainnah MARS SpOG(K).

“Kegiatan-kegiatan dies juga ada kaitannya dengan program Health Promoting University (HPU) dimana kampus gencar mengkampanyekan kampus sehat “kampus anti stress”. Ini bukan diartikan menghilangkan stress karena stress dibutuhkan manusia untuk maju tetapi sivitas dapat mengelola stress dengan baik sehingga berdampak baik untuk sivitas. Tidak mungkin kita menghindari stress tetapi melakukan pengelolaan” ujar Dekan.

Terkait dengan prestasi dan progress FK Unimus selama setahun terakhur, dr Wahju Budi Martono SpTHT-KL MSi Med menyampaikan mahasiswa berhasil meraih prestasi dalam tiap ujian Uji Kompetensi Mahasiswa (UKMPPD) yang selalu lulus di atas 80 persen (uji nasional) dan khusus bidang OSCE atau uji ketrampilan selalu masuk 10 besar nasional.

“Juga untuk pengembangan, kami berencana membuka prodi baru S1 Farmasi, sehingga melengkapi dua prodi yang ada yaitu Prodi Pendidikan sarjana Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter. Untuk pengembangan sarana prasarana, kami sedang menyelesaikan proses pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Unimus 3 tower (2 tower 9 lantai dan satu tower 7 lantai) seluas 2,4 ha di kampus terpadu Unimus dan ditargetkan tahun 2023 mulai operasional ” tandas Dekan. FK Unimus sejak berdiri tahun 2008, saat ini sudah meluluskan sekitar 400 lulusan. (sgi)

BERITA REKOMENDASI