FK Unissula Siapkan Hilirisasi Penelitian

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com – Unit Pengembangan Riset (UPR) Fakultas Kedokteran (FK) Unissula mengadakan workshop pengelolaan kelompok studi di kampus setempat, Sabtu (10/7/2021).

Ketua UPR Dina Fatmawati SSi MSc menyatakan tujuan workshop merupakan upaya belajar bagaimana sukses mengelola kelompok studi di FK Unissula.

Pembicara dalam workshop tersebut adalah Ketua Pusat Studi SMONAGENES (Smart Molecules of Natural Genetic Resources) Universitas Brawijaya Prof Fatchiyah MKes PhD. Acara yang domoderatori Dr Suparmi SSi MSi (ERT) tersebut mengupas secara detail bagaimana manajemen kelompok studi mulai dari pengelolaan organisasi, pembiayaan, mutu penelitian, sumber daya manusia dan kerjasama baik dalam maupun luar negeri.

Sebagai key person yang membesarkan SMONAGENES, Prof Fatchiyah menyatakan agar sukses dalam mengelola kelompok studi diperlukan upaya sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi dan internasionalisasi dari kelompok studi. Menjalin kerjasama dengan pihak luar kampus baik dalam maupun luar negeri melalui joint research atau joint publication dapat dijadikan sarana untuk mengembangkan kelompok studi terutama dalam hal perolehan pendanaan dari institusi di luar kampus baik lokal, nasional maupun global.

Sebagai seorang peneliti ia menyarankan untuk menjadi orang “gila” penelitian (ogip) yang out of the box dengan memunculkan ide-ide kreatif untuk menjawab suatu masalah yang berkembang di masyarakat. Hasil penelitian nantinya tidak hanya dipublikasikan dalam jurnal ilmiah tetapi dapat dihilirisasi ke masyarakat berupa produk atau jasa yang siap pakai dan bermanfaat.

Pada sesi tanya jawab para pengelola kelompok studi di FK Unissula sangat antusias dalam menanyakan tips mengatasi kesulitan yang dihadapi selama kurang lebih 2 tahun sejak pembentukan kelompok studi. Bagaimana memulai, menata visi misi, roadmap penelitian bahkan manajemen konflik dalam anggota kelompok studi menjadi bahasan yang menarik selama diskusi berlangsung. Acara yang didukung oleh pendanaan dari FK Unissula ini diharapkan dapat memperbaiki pengelolaan 7 kelompok studi di FK Unissula yang nantinya berdampak pada peningkatan jumlah dan kualitas penelitian maupun produk penelitiannya.

BERITA REKOMENDASI