FKM Undip Gelar ‘Biji Ketan’ 2020

Acara Biji Ketan 2020 bertujuan  memberikan pemahaman masyarakat mengenai permasalahan yang ada serta pentingnya akuntabilitas pelaksanaan protokol kesehatan di dalam penanganan Covid-19. Secara umum organisasi atau institusi harus akuntabel kepada mereka yang terpengaruh dengan keputusan atau aktivitas yang mereka lakukan. Kebijakan protokol  kesehatan penanganan COVID-19 harus memiliki pertanggungjawaban (akuntabilitas) kepada publik/masyarakat umum, sebagaimana halnya kepada para stakeholder. Adanya akuntabilitas implementasi protokol kesehatan di fasilitas umum dapat menjadi tolok ukur   apakah suatu kebijakan sudah terlaksana dengan baik serta dapat menjadi evaluasi untuk kedepannya.

Acara dipandu Nindy Almira (sebagai MC) diawali sambutan sekaligus pembukaan acara Biji Ketan oleh Kepala Bagian AKK FKM Undip Dr Dra Ayun Sriatmi MKes. Dilanjutkan dengan pemaparan materi para pembicara.

Pada paparannya, dr Moch Abdul Hakam SpPD menyampaikan materi terkait Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Kota Semarang. Dirinya menyampaikan untuk menanggulangi Covid-19, Kota Semarang telah memberlakukan protokol kesehatan di tempat umum yang nantinya dimonitoring oleh petugas yang berwenang. Akan ada sanksi sosial juga kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.   Selain itu ada juga bantuan berupa APD dan alat-alat kesehatan lainnya dari pemerintah setempat.

Pembicara lainnya Dr dr Sutopo Patria Jati MM MKes membawakan materi terkait Akuntabilitas Pelaksanaan Protokol Kesehatan Dalam Penanganan Covid-19 yang meliputi Latar Belakang Pandemi Covid-19, Akuntabilitas Kebijakan Covid-19, dan Akuntabilitas dari Tenaga Kesehetan Masyarakat. Paparan pembicara dilanjutkan sesi talkshow. (sgi)

 

BERITA REKOMENDASI