FKM Unimus Gelar Lokakarya Kurikulum dan Perencanaan Pendirian Magister

SEMARANG,KRJOGJA.com- Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar lokakarya kurikulum penguatan program studi S1 Kesehatan Masyarakat serta perencanaan pendirian program Magister di kampus terpadu Unimus, Sabtu (23/11/2019).

Acara dihadiri para dosen internal FKM termasuk Dr Sayono SKM MKes (Epid) selaku ketua program studi S1 Kesehatan Masyarakat Unimus dan Dekan FKM Unimus Mifbakhuddin SKM Mkes serta sejumlah stake holder.

Kaprodi memaparkan tentang kurikulum yang selama ini dijalankan di Kesehatan Masyarakat Unimus. Sedangkan Dekan FKM dan nara sumber Dr Yuliani Setyaningsih SKM MKes yang memaparkan materi terkait “Kesehatan Masyarakat di Era Industri 4” dengan moderator Didik Sumanto SKM MKes.

Menurut Dekan FKM lokakarya dilaksanakan dalam rangka mengatasi masalah kesehatan di Indonesia dan sumber daya manusia merupakan hal yang memiliki peranan vital. Sumber daya manusia di bidang kesehatan atau tenaga kesehatan harus menguasai paradigma kesehatan masyarakat dan mampu mengimplementasikan intervensi kesehatan masyarakat pada faktor lingkungan, perilaku manusia dan gaya hidup serta pelayanan kesehatan.

Kegiatan tersebut tidak hanya untuk penguatan kurikulum saja akan tetapi tujuan lebih lanjutnya berupa persiapan re-akreditasi prodi S1 Kesehatan Masyarakat  menuju akreditasi unggul.

“Acara ini muaranya tentu untuk peningkatan mutu pembelajaran maupun mutu kegiatan FKM yang sesuai dengan tuntutan LAM PT-Kes maupun Dikti dimana kurikulum itu harus seaktif mungkin. Persiapan re-akreditasi prodi menuju akreditasi unggul sejalan dengan persiapan Akreditasi Perguruan Tinggi yang saat ini sedang diupayakan. Selain itu dari pimpinan juga memberikan amanah untuk segera mendirikan program Magister, “ papar Dekan. (sgi)

 

BERITA REKOMENDASI