FPIK Undip Latih UMKM Kendal Pengasapan Ikan

SEMARANG,KRJOGJA.com-Belum lama ini Departemen Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip menggelar pelatihan pembuatan ikan asap menggunakan asap cair bagi UMKM di desa Tanjungsari Kabupaten Kendal.

Hadir pada acara pelatihan di akhir pekan tersebut di antaranya Ir Sri Harjinto (Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal), Ir Gunadi (Kabid Perikanan Tangkap) beserta jajaran DKP Kendal dan Kepala Kelurahan Tanjungsari H Muhammad Sugiyanto. Adapun narasumber dari Tim Departemen Teknologi Hasil Perikanan FPIK Undip yakni Dr Ir Fronthea Swastawati MSc selaku ketua tim bersama dengan anggota tim yakni Prof Dr Ir YS Darmanto MSc, Romadhon Spi M Biotek. dan Slamet Suharto SPi MSi.

Dr Ir Fronthea Swastawati MSc menyampaikan tujuan pelatihan merupakan upaya transfer ilmu pengetahuan tentang pengaplikasian asap cair dalam pengolahan ikan asap,  serta peneraoan GMP (Good Manufacturing Practices) dan Standard Sanitation Operational Procedure (SSOP). dalam proses pengolahan sehingga mampu menghasilkan produk ikan asap yang berkualitas. Kegiatan berupa penyuluhan aplikasi asap cair pada proses pengolahan ikan asap yang mampu meningkatkan kualitas dari produk ikan asap itu sendiri.

BERITA REKOMENDASI