Gangguan PLTU Cilacap Teratasi, Suplai Listrik Jateng Berangsur Normal

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG (KRJogja.com) – PLN berhasil memulihkan suplai aliran listrik akibat adanya gangguan PLTU Cilacap Unit 1 dan 2.

“Penormalan tahap pertama sebesar 142 MW telah selesai dilakukan, dan diharapkan penormalan seluruh sistem dapat dilakukan dengan segera”, ungkap Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan, Hardian Sakti Laksana, Kamis (1/6/2017). Sakti menambahkan saat ini sistem kelistrikan PLN di Jawa dan Bali sudah terinterkoneksi sehingga upaya pernormalan pasokan dapat dilakukan lebih cepat.

Sebelumnya sempat terjadi gangguan di PLTU Cilacap Unit 1 dan 2 pada pukul 08.52 WIB sehingga menyebabkan terganggunya suplai listrik di beberapa daerah di Jawa Tengah. Akibat gangguan tersebut, sebanyak 10 Gardu Induk dengan beban sebesar 500 MW tidak dapat mendistribusikan listrik ke pelanggan. Hingga saat ini, petugas masih mencari penyebab gangguan.

Atas kejadian tersebut PLN menyampaikan permintaan maaf  kepada pelanggan dan masyarakat atas ketidaknyamanan yang dirasakan akibat gangguan pasokan listrik.

PLN tetap berupaya menjaga keandalam pasokan listrik, selama tidak terdampak gangguan alam yang mempengaruhi kerja instalasi dan jaringan. Untuk mengurangi hal tersebut, menurut Sakti PLN tetap akan melaksanakan pemeliharaan jaringan dan instalasi. (Cha)

BERITA REKOMENDASI