Ganjar Blusukan ke Kawasan Langganan Rob

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Calon Gubernur (Cagub) Jateng Ganjar Pranowo melakukan kampanye dengan blusukan di perkampungan yang setiap hari terkena banjir rob di Kota Semarang, Kamis (15/03/2018). Dengan menggunakan sepeda onthel, calon petahana ini tidak segan untuk keluar masuk permukiman kumuh untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Ganjar memantau progres pekerjaan normalisasi Kanal Banjir Timur (KBT) dan Kolam Retensi Kaligawe (KRK) dan memasuki perkampungan yang tergenag air laut. Bersama istrinya Siti Atiqoh dan Komunitas Sepeda Samba, Ganjar menyambangi rumah rumah penduduk yang terkena rob.

Melihat Gubernur Jateng non aktif tersebut, beberapa warga setempat mendekat. Warga melaporkan kepada Ganjar kalau kios PKL dan rumah-rumah di Kelurahan Sawah Besar sudah mulai pindah, tetapi untuk yang di Kelurahan Kaligawe belum pada pindah.

“Warga sangat mendukung normalisasi KBT agar banjir tak lagi menjadi ancaman warga. Ya setuju pak Gub biar tidak banjir,” tutur Slamet warga setempat.

Sedangkan proyek kolam retensi di area Rusunawa Kaligawe sudah hampir selesai. Menurut Mandor Proyek, Agung Pusmargiono saat ini pekerjaan sedang dikebut dengan target Agustus tahun ini harus selesai.

“Sekarang ini penyelesaian pintu air, kolam retensi ini akan membantu menyedot air yang biasanya bikin banjir di Kaligawe. Air kaligawe akan disedot lalu dialirkan ke KBT. Satu lagi kolam retensi yang sedang dibangun di Banjardowo, Genuk. Kolam ini akan menyedot air rob dan banjir di sekitar Genuk untuk dialirkan ke Kali Babon,” tutur Agung.

Dari KRK, gowes berlanjut ke Jalan Kaligawe Raya dan Genuk. Ganjar mengaku puas genangan air sudah surut. Sebelumnya banjir di Kaligawe dan Genuk berlangsung lebih dari sebulan.

Genangan dan jalan rusak membuat macet menjadi santapan sehari-hari pengguna jalan. Surutnya air di Kaligawe dan Genuk karena Ganjarselaku Gubernur Jateng minta bantuan lima pompa air dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (Bdi)

BERITA REKOMENDASI