Ganjar Lantik Bupati – Wabup Karanganyar

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melantik dan mengambil sumpah janji bupati-wakil bupati Karanganyar terpilih periode 2018-2023 di gedung Gradika Bakti Praja, Semarang, Sabtu (15/12/2018). Kepada keduanya, Ganjar meminta pengelolaan anggaran dioptimalisasi untuk kepentingan publik, jeli menggiring pembiayaan nonpemerintah dan menjaga integritas abdi praja.

"Semoga lancar pekerjaan ke depan. Sesuai perintah presiden saat membagikan DIPA, gunakan anggaran lebih banyak untuk belanja modal. Kurangi rapat-rapat dan perjalanan dinas. Optimalisasi potensi yang ada. Keluar dari pekerjaan bersifat konvensional," kata Ganjar dalam sambutannya.

Ia menyarankan Pemkab inovatif dalam mengambil kebijakan pembangunan, misalnya tidak melulu memakai APBD dalam membiayai program. Ia mengapresiasi kehadiran Baznas Karanganyar yang menyokong program pemerintah.

"Jika nanti menemui kendala karena APBD cupet, tidak harus njaluk-jaluk CSR. Bisa dengan kekuatan Baznas. Keuangan dana umat bisa menyelesaikan banyak persoalan," katanya.

Tak terkecuali, mengambil pinjaman bersuku bunga rendah yang ditawarkan Kementrian Keuangan saat ABPB belum siap dicairkan. Dia pun memamerkan prestasinya dalam pencegahan korupsi yang ditandai dengan gerakan pelaporan LHKPN sampai eselon 3 dan 4.

Menurutnya, jika integritas ASN baik, akan mampu memangkas anggaran-anggaran tidak perlu. Sementara, Bupati Juliyatmono tak mau membiarkan publik beranggapan dirinya lebih nyantai memimpin Karanganyar di periode kedua atau lima tahun ke depan.

Program unggulan di visi misi Yuli-Rober akan disampaikannya di rapat paripurna istimewa di gedung Dewan pada Senin (15/12/2018). Keduanya membidik pengembangan pariwisata berbasis masyarakat, di samping terus menata infrastruktur.

Bersama Rober, ia merasa kolaborasinya menyempurnakan pasangan wakil bupati periode lalu, yakni Rohadi Widodo. "Soliditas kekompakan kita segala-galanya. Gaya kepemimpinan masih sama, apa yg disampaikan pak Rober nanti sesuai kebijakan yang kami susun bersama. Dia ibarat adik saya yang mendampingi dan mengingatkan," katanya.

Sedangkan bagi Rober, siap sejalan memimpin Karanganyar bersama Juliyatmono. "Saya akan mengikuti langkah pak Yuli," katanya.

Usai Ganjar melantik bupati dan wakil bupati, giliran istrinya, Siti Atiqoh melantik ketua Tim Penggerak PKK, Siti Khomsyah yang juga ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Karanganyar. (Lim)

BERITA REKOMENDASI