Ganjar Menang di Lapas Wanita Semarang

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Pasangan Cagub Jateng Ganjar Pranowo – Taj Yasin unggul di TPS di Lembaga pemasyaratan (Lapas) Wanita Bulu, Semarang, Rabu (27/06/2018). Hasil pengitungan suara di TPS 06 Kelurahan Pindrikan Kidul, menunjukkan dari 69 pasangan nomor urut 1 ini meraih 36 suara, pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah 22 suara dan 11 suara dinyatakan tidak sah.

Kepala Lapas Bulu Semarang, Asriati kepada tim Lembaga Pemantau Pemilu (LPP) PWI Jawa Tengah yang dipimpin Ketuanya Zainal Abidin Petir SH MH mengatakan, jumlah penghuni lapas keseluruhan 368 orang terdiri narapidana dan tahanan. Dari jumlah tersebut yang ber-KTP Jawa Tengah sebanyak 179 orang.

Petugas mengetahui mereka berasal dari salinan putusan pengadilan di wilayah Jawa Tengah, kemudian dari 179 orang yang terdaftar sebagai pemilih tetap sebanyak 67 orang. Dari jumlah tersebut yang sudah dinyatakan bebas sebanyak 7 orang, jadi tinggal 60 orang.

Dari jumlah tersebut ditambah pengguna formulir model A-5-KWK sebagai surat keterangan pindah memilih di TPS lain sebanyak 9 orang dari petugas lapas, sehingga total pemilih 69 orang. “Mereka semuanya kita beri kebebasan memilih sesuai pilihannya, dan hasilnya seperti itu. Termasuk saya tidak sempat pulang ke Wonosari, jadi mencoblos di sini," kata Kalapas.

Suasana pemilihan Gubernur Jateng di Lapas Wanita ini berjalan lancer dan tertib. Kendati 69 penghuni dan petugas sudah selesai menyalurkan hak pilihnya jauh sebelum waktu menunjukkan pukul 13.00, petugas di TPS tetap berjaga didampingi Ketua PPS Pendrikan Kidul Semarang Tengah Gideon Mujianto.

Sejumlah narapidana yang ditemui LPP PWI Jateng, secara terbuka mengatakan tidak punya beban apapun dalam Pilgub Jateng ini. “Tak ada intervensi dari lapas untuk memenangkan salah satu pasangan calon,” ujar Dian Kumara Dewi, tahanan kasus narkoba asal Jomblang Perbalan Semarang sambil menunjukkan tinta yang melekat di jari kelingkingnya. (Isi)

BERITA REKOMENDASI