Ganjar: Mulai Pekan Ini Pelanggar Protokol Kesehatan di Jateng Bakal Kena Sanksi!

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan, Pemprov Jawa Tengah pekan ini mulai memberlakukan penegakan hukum bagi pelanggar protokol kesehatan covid-19. Penegakan hukum akan dilakukan secara masif dan serentak di seluruh daerah Jawa Tengah.

Ganjar Pranowo mengatakan hal ini kepada wartawan di Semarang Senin (24/8), usai memimpin mengikuti rapat koordinasi percepatan penanganan Covid-19. Ganjar memerintahkan seluruh Bupati/Wali Kota secara serentak melakukan upaya represif itu.

“Kita sudah melakukan sosialisasi selama satu pekan kepada masyarakat kalau akan ada penegakan hukum. Minggu ini, kita mulai penegakan hukum secara masif dan serentak di seluruh Kabupaten/Kota,” tegas Ganjar.

Gubernur juga sudah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) yang menjadi dasar penegakan hukum tersebut. Ganjar minta Satpol PP menyiapkan rencana atau program penegakan hukum secara serentak di seluruh Jawa Tengah.

Terkait sanksi, Pegub yang dijadikan sebagai panduan bersifat umum. Masing-masing daerah diberikan wewenang untuk menyiapkan sanksi masing-masing. Pemprov Jawa Tengah hanya mengatur sanksi secara umum, bisa teguran lisan, tertulis, pencabutan izin sementara untuk usaha, atau denda dan lainnya. Beberapa Kabupaten/Kota sudah punya aturan sendiri, seperti Banyumas ada sanksi pencabutan KTP hingga sidang ke Pengadilan, di Kota Semarang diberikan sanksi menyapu jalan dan lainnya.

BERITA REKOMENDASI