Ganjar ‘Ngonthel’ Bersama Ribuan Onthelis

SEMARANG KRJogja.Com – Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo, Minggu (22/12/2018) pagi ngonthel (nyepeda) bersama 8.000an penggemar sepeda tua se Indonesia dalam acara 'Ngonthel Kebangsaan' yang digelar Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Kota Semarang.

Ganjar Pranowo naik sepeda tua merek Simplex buatan tahun 1932 didampingi Sekda Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono dan Muspida Provisi Jawa Tengah, serta pejabat Pemkot Semarang.

Mengambil Start di kantor Gubernur Jawa Tengah Jalan Pemuda Semarang, kemudian para onthelis menyusuri Simpanglima menuju Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah Raya Semarang.

Sesampai di MAJT, Gubernur disambut oleh Ketua Umum Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah, Prof Dr KH Noor Ahmad MA. Selanjutnya rombongan langsung menuju Kelenteng Sam Poo Kong di Jalan Gedungbatu melalui Kota Lama Semarang.

Setelah disambut tari Barongsay di Gedungbatu, rombongan melanjutkan menuju Gereja katedral Semarang diterima Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubyatmoko.

Ketua KOSTI Semarang Pandu Hardiawan mengungkapkan kegiatan Ngonthel Kebangsaan digelar dalam rangka menyatukan masyarakat dengan seluruh komponen, termasuk aparatur pemerintahan untuk menguatkan kembali nilai-nilai persatuan dan kesatuan.

"Kita semua nyambangi masjid, gereja hingga kelenteng atau tempat-tempat ibadah sebagai upaya kita semua menghormati umat beragama dan menyatukan dalam bingkai kebhinekaan melalui kegiatan nyepeda. Hingga kita punya slogan Satu Sepeda Sejuta Saudara. Intinya dengan kegiatan bersepeda kita membira rasa persaudaraan", ungkap Pandu Hardiawan.

Ganjar Pranowo dalam sambutannya berjanji akan menggelar kegiatan serupa di tahun mendatang dan bakal jadi agenda rutin tahunan Pemprov menggandeng Komunitas Sepeda Tua.

Kegiatan Ngontel kebangsaan ini diikuti 8.200 peserta dari 17 provinsi. 128 peserta datang dari kota masing-masing ke Kota Semarang dengan mengayuh sepeda.

Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) pun memberi penghargaan atas prestasi kegiatan yang bermakna positif untuk menjalin persatuan dan kesatuan. Direktur Leprid Paulus Pangka SH menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo selaku pemrakarsa Onthel Kebangsaan dan KOSTI Semarang selaku penyelenggara. (Cha)

BERITA REKOMENDASI