Gelar Apel Kesiapsiagaan, Tiga Antisipasi Bencana Alam

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Tiga Pilar Forkompimcam, terdiri dari Camat, Danramil dan Kapolsek Gayamsari Semarang, Selasa (23/11/2021) menggelar Apel Kesiapsiagaan Mengantisipasi Bencana Alam sebagai upaya menghadapi potensi ancaman dan kerawanan bencana di musim penghujan.

Apel ini melibatkan Koramil 04 Gayamsari, Polsek Gayamsari, Kelompok Masyarakat dan Relawan Ormas yang konsen di bidang kebencanaan. Selain menggelar upacara juga menggelar peralatan dan kelengkapan penanganan untuk dicek kesiapan pakainya oleh Camat Gayamsari Moh Agus Junaidi SKom MM, Danramil 04 Mayor Inf Rahmatullah AR SE MM, serta Kapolsek Gayamsari AKP Hengky.

Agus Junaidi menyampaikan, wilayahnya meski berada di wilayah datar dan tidak ada kawasan perbukitan namun tak lepas dari potensi gangguan bencana, utamanya banjir, pohon tumbang dan angin kencang. Oleh karena itu pihaknya bersama Koramil dan Polsek yang didalamnya melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas menggugah peran masyarakat untuk ikut serta pro aktif dalam upaya antisipasi dan kesiap siagaan penanganan bencana.

“Apel ini merupakan satu cara menyatukan persepsi dan mengatur langkah operasional penanganan dengan inventarisir potensi kerawanan serta menyiapkan peralatan pendukung. Kami dibantu Danramil dan Kapolsek mengecek kesiapsiagaan personil pendukung, peralatan dan wilayah yang rawan ganguan bencana,” ungkap Agus Junaidi.

Beberapa wilayah yang rawan banjir menurut Moh Agus Junaidi antara lain, Kelurahan Sawah Besar, Kelurahan Kaligawe, Kelurahan Tambakrejo, Sambirejo, juga Siwalan. Mayor Inf Rahmatullah AR SE MM mengucapkan terima kasih atas peran serta potensi masyarakat, terutama ormas yang telah sukarela bergabung dalam Apel Kesiapsiagaan, antara lain Hipakad, FKPPI, Banser, FKPM serta tokoh masyarakat termasuk alim ulama.

Kepada seluruh peserta apel, Danramil berharap agar semua memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan masing-masing. “Amati, cermati dan inventarisir semua potensi kerawanan. Antisipasi sebelum muncul kejadian agar kita semua tidak menerima resikonya. Koordinasikan dengan lintas sektoral bila membutuhkan penanganan,” tegas Rahmatullah.

Sementara Kapolsek Gayamsari AKP Hengky mengatakan bahwa kepedulian terhadap lingkungan adalah salah saktu faktor pendukung Kamtibmas. “Kamtibmas harus terus kita jaga dan kendalikan. Apel kesiapsiagaan ini merupakan bagian dari cipta kondisi Kamtibmas yang harus disengkuyung bareng. Karenanya dengan kebersamaan dan keguyuban warga Gayamsari, kami yakin akan menjadikan kawasan kita ini akan nyaman, damai dan asri. Polsek sangat berterima kasih adalah semangat dan tekat warga menjadikan Gayamsari Hebar menuju Semarang hebat,” tutup AKP Hengky. (Cha)

BERITA REKOMENDASI